Tiga Permasalahan Capain Program KB tahun 2017 di Ende

  • Whatsapp
Share Button

Ende, seputar-ntt.com –  Data jumlah pasangan di Kab. Ende yang mengikuti program Keluarga Berencana (KB) sampai dengan bulan Oktober 2017 yang terdiri Peserta Usia Subur (PUS) 34.056 orang, Peserta Aktif (PA) 20.097 orang dan Peserta Baru (PB) 20.249 orang, Droop Out (DO) 20.928 orang dan Amnetrit atau pasangan usia subur yang belum ber KB 8.715 orang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Ende,Dahlan,S.IP, kepada media diruang kerjanya,Kamis (15/11/17).

Dahlan menjelaskan, data tersebut diperoleh berdasarkan laporan setiap bulan dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), dan dari target 2017 untuk PB, 40.710 orang, realisasi  20.249 sedangkan PA, 25.669 orang, realisasi 20.097 orang.

Dirinya menambahkan, terdapat 3 tiga permasalahan yang dihadapi dalam mencapai target program KB tahun 2017, antara lain, pertama, kurangnya tenaga medis di setiap desa untuk melakukan pelayanan ulangan, kedua, banyaknya pasangan KB baik suami maupun istri yang melakukan migrasi ke luar daerah sehingga mereka tidak melakukan pelayanan ulangan dan ketiga PLKB untuk 278 Desa/Kelurahan di Ende hanya berjumlah 40 orang sedangkan rasionya 1 PLKB untuk Desa.

Langkah konkrit yang akan ditempuh DPPKB Ende untuk mencapai target program KB pada tahun 2018, adalah dengan membuat data base kependudukan dengan sistem pendataan by name by addreas atau pendataan lebih faktual dari rumah ke rumah. tegas Dahlan.

Dirinya juga berterima kasih terhadap langkah dan kebijakan Bupati Ende, dimana pada tahun 2018 berencana akan menempatkan tenaga medis pada setiap desa di Kab. Ende, yang dampaknya dapat mendukung program KB.

Pada akhirnya,Dahlan, menghimbau agar masyarakat  Kab. Ende, jangan hanya  melihat program KB sebatas untuk memenuhi alat kontrasepsi tetapi program KB ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi lebih baik lagi,yakni pendidikan menjadi lebih tinggi, kesehatan bagus dan ekonomi semakin kuat. (EK)

Komentar Anda?

Related posts