Telkomsel Beri Solusi Kewirausahaan Melalui IdPedia Untuk Guru dan Siswa

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com—Telkomsel memberikan solusi program yang pas, yang disenangi oleh guru dan siswa, yakni berkaitan dengan Kewirausahaan melalui IdPedia.

Hal ini disampaikan Manager Youth & Community Telkomsel Regional Bali Nusra, Mohammad Andy Nugroho disela-sela kegiatan Pelucuran Program “idPedia”, di Hotel Prlangi, Kamis (24/1/2019).

Dikatakan Andy Nugroho, IdPedia ini dibuat sesuai segmen anak-anak SMA, program garis besarnya adalah kompetisi untuk bisnis anak-anak SMA, outputnya sebenarnya mengarahkan anak-anak SMA ini lebih produktif di zaman yang distruktif, daripada mereka nanti main game saja, atau masuk ke konten-konten negative, sebaiknya itu diarahkan.

“Diarahkannya ini ke kewirausahaan, karena itu satu-satunya yang netral. Kalau kita mengacu ke pembelajaran itu lebih disukai guru tapi tidak disukai siswa, kalau games saja, itu disukai siswa tapi tidak disukai guru. Akhirnya dicari jalan yang pas, maka muncullah ide kewirausahaan itu, dinamakan IdPedia, goals salah satunya adalah bagaimana menyiapkan mereka untuk bisa lebih baik mengisi kekosongan keterbatasan tenaga kerja,” urai Andy Nugroho.

Untuk mengikuti kompetisinya, jelas Andy Nugroho, cukup simple hanya menjadi peserta submit idenya, bisa buat di word, power point, atau catatan biasa lalu submit di www.idPedia.co.id, dengan menambahkan nama dan alamat.

“Nanti setelah disortir mereka masuk babak penyisihan pertama 30 besar untuk presentasi singkat, setelah presentasi singkat disortir lagi 10 besar untuk presentasi masuk final. Di final nanti mereka sebelum presentasi dibekali dahulu inspirasi-inspirasi dari tiga pengusaha lokal yang sudah punya produk memadai,” tegasnya.

Kompetisi ini akan dilaksanakan pada bulan april, tambah Andy Nugroho, paling lambat pengiriman ide bisnisnya 24 Maret 2019.

“Setelah menang tidak serta merta kita biaya dengan skill yang besar, karena memang rohnya masih mentah sekali, tapi kita berikan uang pembinaan,” tandas Andy Nugroho.

Diakui Andy Nugroho, pihaknya kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri, sehingga saat mereka lulus SMA akan ditampung diinkubasi bisnis yang ada diperkuliahan.
“Saat road show yang sudah kita rencana, kita juga menggandeng mahasiswa-mahasiswa itu sebagai inspirasi,” kata Andy Nugroho.

Menurut Andy Nugroho, setelah sukses menggelar berbagai program untuk siswa, mahasiswa, sekolah dan kampus, baik yang bersifat rutin maupun insidentil, di awal tahun 2019 ini, Telkomsel sebagai satu-satunya operator yang Paling Indonesia bersama Dinas Pendidikan Propinsi NTT meluncurkan program “idPedia”, yaitu ajang kompetisi untuk berbagi ide bisnis seputar telekomunikasi dan digital yang melibatkan para siswa siswi SMA atau sederajat di wilayah NTT dan sekitarnya.

Pihaknya juga melibatkan Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah/Guru dari beberapa sekolah di wilayah Kupang untuk mengikuti training bersertifikasi dengan tema “Manajemen Daya Ingat” bersama nara sumber Yudi Lesmana selaku pakar daya ingat Nasional. (ira)

Komentar Anda?

Related posts