Team Tour Tekstil Eropa Dan Amerika Kunjungi Desa Jontana Di Lembata

  • Whatsapp
Share Button

Lembata, seputar-ntt.com – Team tour tekstil tradisional dari Eropa dan Amerika yang dipimpin oleh David warga negara Inggris tiba di Desa Jontona Kecamatan Ileape Timur pada Minggu (11/5/2014) pkl.10.00 dengan kapal pesiar Ombak Putih. Team ini diterima Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis) Sanggar Budaya Ama Genang yang dipimpin Stef Lodan Making didamping oleh Kepala Desa jontona, Nikolaus Ake Watun.

Pantauan Seputar NTT di Lokasi, acara penjemputan ini dilakukan secara adat dan diiringi tarian adat setempat. Team yang berjumlah tiga belas orang ini kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung Lama Lewohala untuk melihat dari dekat rumah adat yang ada di kampung Lama Lewohala (puncak gunung ile ape).

Sekembali dari Kampung Lama Lewohala, team kemudian menuju ke tempat atraksi budaya Wai Belen di desa Jontona. Di Jontana mereka disuguhkan dengan hiburan tarian adat sambil  melihat proses tenun ikat. Team ini juga melihat pameran kain dan sarung adat tradisional yang di miliki oleh warga desa.

Kepada Seputar NTT, pimpinan team, David, yang didampingi juru bicara Ahmad Arifin, mengatakan bahwa, kehadiran mereka ke desa Jontona karena kecintaan terhadap tekstil tradisional(sarung adat). “Kami ingin belajar tentang tenun ikat asli yang sangat tradisional sebab kami juga tergabung dalam penulis tenun ikat tradisional Asia yang sangat mencintai tenun ikattradisional,” kata David.

Team ini tergabung dari berbagai Negara yakni Perancis, Inggris, America, Swis dan Belanda. (Aloysius Making)

Komentar Anda?

Related posts