SMAN 2 Kupang Juara Debat Kekerasan Seksual Anak

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – SMA Negeri 2 Kupang keluar sebagai pemenang dalam lomba debat antar siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama  (SMP) tingkat Kota Kupang, dengan tema “kekerasan seksual  anak” dalam rangka memperingati 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang diselenggarakan Lembaga Rumah Perempuan Kupang.

Direksi  Lembaga Rumah Perempuan Kupang, Libby Ratuarat-Sinlaeloe pada acara pembukaan, di Hotel Olive-Kupang,Jumat (12/11/2014) mengatakan, lomba debat ini dilakukan dalam rangka memotifasi dan membuka pemahaman para siswa soal kekerasan seksual anak. Dengan demikian mereka bisa mencegah, sekaligus mengkampanyekan kepada orang lain baik di lingkungan sekolah maupun kepada masyarakat umum.

“Kegiatan lomba ini bukan hanya sekedar mencari siapa menang dan kalah, namun lomba ini bagaimana menilai pemahaman mereka soal isu-isu yang berkaitan dengan kekerasan seksual bagi anak,” katanya.

Ia mengatakan, posisi kekerasan seksual terhadap anak di Kota Kupang sudah cukup marak terjadi, sehingga melalui debat bisa menjadi media kampanye oleh para siswa ditingkat sekolah maupun dilingkungan.

Lomba ini diikuti oleh 9 regu yang berasal dari SMA Negeri 2 Kupang, SMA Negeri  9 Kupang, SMA Negeri 1 Baumata dan SMP Negeri  3 Kupang. Dari hasil penilian tim juri yang terdiri dari junarlis, tokoh agama serta Lembaga Rumah Perempuan, memutuskan tim SMA Negeri 2 Kupang yang wakili oleh Lenny Karunia Putri dan Ester Wolo keluar sebagai pemenang dengan nilai 2.399. Juara dua diraih oleh SMA  Negeri 9  dengan nilai 2.200 dan juara tiga diraih SMP Negeri 2 dengan perolehan nilai 2.020.

Lenny Karunia Putri dan Ester Wolo yang ditemui usai menerima hadiah dan piala mengatakan, lomba yang dilakukan telah memberi pemahaman kepada para siswa bagaimana menghindari hal-hal yang bisa memicu kekerasan seksual terhadap anak. “Saya siap menjadi juru kampanye, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa sehingga sehingga langkah pencegahan perlu dilakukan dari sekarang,” katanya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60