Satgas Gugus Alor Gelar Simulasi Penanganan Korban Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Simulasi penanganan korban yang terpapar covid-19 di Pasar Kadelang, Senin, 20/4/2020 pagi
banner 468x60
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com -Satgas Gugus Alor menggelar simulasi penanganan korban yang terpapar covid-19 di Pasar Kadelang, Senin, 20/4/2020 pagi. Kegiatan simulasi ini melibatkan personil dari Kodim 1622/Alor, Polres Alor, Satpol PP, BPBD dan PMI.

Dandim 1622/Alor, Letkol. Inf. Supyan Munawar, S.Ag menjelaskan, tujuan dilakukan simulasi ini untuk mengevakuasi kalau ada korban yang terpapar covid-19.

“Kami melatih petugas-petugas dalam menggunakan APD dan cara penanganan pasien sehingga mereka terampil dalam membantu tenaga medis dilapangan,” kata Supyan.

Diakuinya, dalam simulasi ini masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi terkait fungsi, tugas dan peran yang harus dipahami betul dilapangan.

“Ini baru pertama dan kita akan maksimalkan kembali akan peran-peran tersebut. Hari Rabu kita simulasi lagi,” ujarnya.

Alumni HMI ini juga berharap semoga ini hanya sekedar simulasi dan berdoa agar Alor terhindar virus yang mematikan ini.

“Kita punya tugas dan peran masing-masing agar kita terhindar dari bahaya ini. Saya mohon masyarakat tolong ikuti himbauan pemerintah,” harap Dandim Alor.

Supyan Munawar juga meminta kepada para pelaku perjalanan dari area yang terjangkit untuk mengisolasi diri selama 14 hari jika tiba di Alor.

“Perlu kesadaran tiap orang. Lapor diri ke posko terdekat agar bisa dipantau. Mohon kerjasama juga masyarakat untuk melapor jika ada kerabat atau tetangga yang baru datang,” tandasnya.

Senada juga disampaikan Kabag Ops Polres Alor, Kompol Dominggus Sigakole yang mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung apapun yang memang harus dilakukan.

“Kami tetap siaga dan siap membantu tenaga medis. Untuk itu kami juga minta dukungan dari masyarakat. Kalau masyarakat tidak mendukung maka sebaik apapun yang kita lakukan pasti akan sia-sia,” pungkas Sigakole singkat. (*Pepenk)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60