Rektor Untrib Buka Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru 2022-2023

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi, Alvons Gorang, S.Sos. MM membuka secara resmi kegiatan orientasi pendidikan mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023, Senin, 5/9/2022 pagi.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Mewujudkan Ekosistem Pendidikan Untrib Yang Tangguh, Cerdas, Beretika dan Amanah.

Mewakili seluruh civitas akademika, Rektor Alvons Gorang dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada putra putri terbaik Indonesia yang berdomisili di NTT dan lebih khusus lagi yang ada di Alor di Universitas Tribuana Kalabahi .

“Kalian terbaik karena diluar sana ada sekian banyak orang yang ingin dan sedang berjuang untuk bisa mendapatkan kesempatan masuk pendidikan tinggi namun mereka belum punya kesempatan akibat berbagai faktor penghambat,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap kepada seluruh mahasiswa baru agar kegiatan ordik ini dipergunakan sebaik mungkin dalam mengenal seperti apa proses di perguruan tinggi.

“Banyak perbedaan saat kita mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Untuk itu saya minta kepada seluruh peserta untuk bisa memberikan perhatian lebih dan terlibat aktif dalam kegiatan ini,” sambung Alvons Gorang.

Dikesempatan ini juga dirinya meminta kepada seluruh panitia untuk tidak menggunakan pendekatan fisik dengan menepatkan posisi peserta dalam tekanan tetapi lebih kepada pendekatan keilmuan.

“Jangan juga disuru pakai kepang yang banyak-banyak atau topi kerucut dan lainnya. Namun saya meyakini bahwa panitia kali ini tidak punya konsep semacam itu sehingga apa yang kita inginkan dalam proses bisa tercapai,” tandas Alvons Gorang.

Ditempat terpisah Ketua Panitia, Herianus Manimoy menyampaikan, tujuan dari ordik ini untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

“Tujuan Khusus yang terimplementasi dalam materi pembekalan ordik 2022 ini adalah menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika), memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar, mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat, membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan (anti perundungan), berbudaya, bermartabat dan inspiratif, memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab, serta mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner),” beber Heri.

Ia menambahkan, pada tingkatan ordik ini merupakan wahana untuk mengenalkan dan memberikan bekal kepada para mahasiswa baru akan dinamika dan dialektika perkuliahan.

“Di perguruan tinggi menuntut para mahasiswa untuk mengenal lebih dekat dan memahami seluk beluk kehidupan kampus yang bercorak ilmiah, rasionalistis,analitis, serta sistematis. Ordik ini akan membantu teman-teman untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga membentuk pola pikir dan cara pandang teman-teman terhadap masa depan,” tutup Heri Manimoy.

Untuk diketahui bersama, kegiatan ini dilakukan selama 3 hari yakni dari tanggal 5 September 2022 sampai 7 september 2022 dengan peserta ordik berjumlah 670 mahasiswa. (*Pepenk)

Komentar Anda?

Related posts