Realisasi Raskin di NTT Capai 62,30 Persen

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, Seputar NTT.com – Hingga Awal September 2013,Relaisasi Beras Miskin (Raskin Untuk wilayah NTT telah mencapai 62,30 persen Dari Pagu 75.924 ton. Demikian disampaikan Humas Devisi Regional (Divre) Bulog NTT, Marselina Radja kepada waratawan di kantornya, Rabu, (4/9).

“Secara keseluruhan relaisasi raskin untuk semua Kabupaten/Kota yang ada di NTT telah mencapai 62,30 persen,” ungkapnya.

Sementara Realisasi Raskin dari Januari-September lanjut Marselina, telah mencapai 83,07 persen sehingga sisa raskin secara keseluruhan untuk tahun 2013 sebanyak 28.621.725 Kilogram. Dengan capaian ini diharapkan realisasi raskin di NTT bisa mencapai 100 persen.
“Biasanya ketika sudah sampai bulan September atau oktober, penyaluran raskin itu sudah lancar sesuai dengan permintaan masing-masing Kabupaten/Kota. Kita berharap agar realisasi bisa mencapai 100 persen,” harapnya.

Menurut Marselina, dari Semua Kabupaten/Kota yang ada di NTT, Kota Kupang berada pada posisi teratas dalam penyaluran raskin bagi masyarakat sementara Kabupaten TTU berada pada urutan terakhir untuk realisasi raskin. Namun demikian rata-rata penyaluran raskin masih berjalan normal karena dengan capaian yang ada hingga saat ini masih termasuk bagus dibandingkan dengan penyaluran tahun-tahun sebelumnya.

“Kota Kupang menjadi lancar karena selain dekat, raskinnya dibayar oleh Pemerintah sehingga setiap tiga bulan kita tinggal drop ke masyarakat dan pemerintah kota tinggal membayar,”katanya.

Selain itu lanjut Marselina, Raskin tambahan untuk bulan ke 13,14 dan 15 yang diberikan oleh pemerintah akibat kenaikan BBM, kini sudah mulai disalurkan oleh Bulog ke masing-masing daerah. Jatah Raskin tambahan ini akan disalurkan bersama dengan jatah raskin untuk pagu satu tahun.

“Kalau raskin tambahan juga sudah mulai kita salurkan. Raskin tambahan ini sebenarnya untuk bulan Juli, Agustus dan September, namun karena permintaan dari daerah belum banyak yang masuk sehingga kita salurkan untuk yang sudah kasih masuk permintaan” ungkapnya.(joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60