Rayakan HUT Brimob Polri ke-77, Kompi 4 Batalyon A Pelopor Gelar Acara Syukuran

  • Whatsapp

Kalabahi, seputar-ntt.com – Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polri ke-77, Kompi 4 Batalyon A Pelopor yang berkedudukan di Alor menggelar acara syukuran bersama forkompinda Kabupaten Alor, Senin, 14/11/2022 pagi.

Acara yang dikemas secara sederhana tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wadanki 4 Yon A Pelopor, IPDA Nardi Irawan.

Komandan Korps Brimob Polri, Komjen Drs. Anang Revandoko dalam sambutan tertulis yang dibacakan IPDA Nardi Irawan mengatakan, perayaan HUT Brimob yang sederhana ini diharapkan memberikan tauladan untuk hidup sederhana ditengah masyarakat, terutama pasca pandemi covid-19.

“Selain itu rangkaian kegiatan HUT ini juga bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan KTT G-20 di Bali sehingga fokus perayaannya pada kegiatan pensucian pataka dan syukuran,” kata Nardi.

Dikatakannya, tema pada perayaan ulang tahun kali ini adalah setia, berani, ikhlas, berbakti untuk negeri yang punya makna yang begitu dalam.

“Setia memiliki makna bahwa Brimob merupakan satuan yang berpegang teguh kepada janji, patuh dan taat kepada pimpinan dan tidak pernah berkhianat pada negara,” ujarnya.

Lanjut Wandanki, berani sendiri memiliki makna, brimob harus memiliki rasa percaya diri, tidak mengenal menyerah dalam melaksanakan tugas dan senantiasa rela berkorban untuk tanah air.

“Ikhlas punya makna bahwa kita harus punya hati yang bersih, bekerja tanpa pamrih dan tulus dalam menjalankan tugas. Sementara berbakti untuk negeri memberi pesan kepada kita agar siap mengerahkan segenap tenaga pikiran bahkan jiwa raga untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Nardi Irawan.

Menurutnya, selain pengamanan KTT G-20, kedepannya, Koeps Brimob Polri juga dibutuhkan dalam menjaga kamtibmas pada beberapa agenda nasional diantaranya pengamanan pemilu 2024 hingga pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Papua.

“Peran serta secara aktif kita diharapkan dapat mendukung terciptanya kondisi kamtibmas yang kondusif sehingga dapat memberikan bukti konkrit bahwa Polri turut mendukung pembangunan nasional terutama dalam penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” beber alumni SMAN 1 Kalabahi ini.

Ditempat yang sama, Kapolres Alor, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., saat membacakan amanat Kapolri Jendral Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyampaikan, perjalanan Korps Brimob Polri tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa, maupun sejarah perjalanan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kesetiaan Brimob dalam menjaga keamanan negara dari berbagai kejahatan berintensitas tinggi sejak periode pra kemerdekaan sampai pasca reformasi saat ini tidak dapat diragukan lagi,” kata Kapolres.

Ari Satmoko menambahkan, banyak tantangan tugas yang harus dihadapi kedepannya sehingga dengan penguatan struktur organisasi Koprs Brimob Polri diharapakan mampu menjawab tantangan tugas yang berhubungan dengan perkembangan situasi lingkungan strategis.

Diakhir penyampaiannya, Kapolres Alor berpesan kepada seluruh anggota Korps Brimob Polri agar meningkatkan keamanan dan ketakwaan terhadap TYME serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan selalu berpedoman kepada nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Tribrata serta Catur Parsetya, selalu menaga dan meningkatkan kebanggaan sebagai Korps Brimob Polri, mantapkan soliditas internal dan seluruh instansi terkait, tingkatkan terus kemampuan, Keterampilan, wawasan dan mindset, mempertahakan ketegasan dalam setiap upaya penegakan hukunm dan terapkan pola hidup sederhana.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Alor, Sulaiman Singh, SH, Danramil 1622 – 01 Kalabahi, MAYOR CZI I Gusti Budayasa, Dan Pos AL Alor, KAPTEN Laut Pelaut Ruswanto Setiadi, Hakim Pengadilan Negeri Kalabahi Regy Trihardianto, SH., MH, Kalapas Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, Pimpinan OPD Kabupaten Alor, Ketua MUI Alor, Mohammad Bere, Pastor Paroki Yesus Gembala Yang Baik Lipa RD. Frederikus S.A. Tamelab, Ketua PHDI Alor Made Warta, SE, Rektor UNTRIB Kalabahi, Alvonso F. Gorang, S.Sos., M.M, Camat Teluk Mutiara Ridwan Nampira S.Sos., Para Kabag dan Kasat, Perwira Staf, para tokoh masyarakat dan pengusaha, perwakilan Bhayangkari Cabang Alor dan Persit Kartika Candra Kirana, Purnawirawan Brimob Polri dan Warakauri. (*Pepenk)

Komentar Anda?

Related posts