Ratusan Warga Kupang Dapat Operasi Katarak Gratis

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, Seputar NTT.com – Sebanyak 120 warga Kabupaten Kupang mendapat operasi katarak secara gratis. Operasi yang digelar Rabu (03/10) di RSUD Naibonat, didukung Ikatan Dokter Ahli Mata Indonesia (IDAMI), Dinkes Provinsi NTT, Dinkes Kabupaten Kupang dan RSUD Naibonat.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT IDAMI. Tadi saya cek ada 120 lebih orang yang daftar,”jelas Dirut RSUD Naibonat Robert Amheka saat ditemui di ruang kerjanya.

Robert menambahkan, tidak semua yang mendaftar mendapat pelayanan operasi. Pasalnya yang terdaftar kata dia, akan discrening agar  mana yang bisa dioperasi baru  baru dilakukan tindakan operasi.

“Jadi tidak semua kita layani, nanti kita cek, mana yang bisa operasi, kita operasi,”tambahnya.

Dia menambahkan, dari jumlah tersebut, sekira 90  orang yang bisa diopresai. “Cuma satu hari kegiatan jadi saya prediksi tidak semua dilayani, mungkin hanya 90 orang lebih,”imbuhnya.

Bagi yang sudah terdaftar namun belum dilayani, akan didata sambil menunggu jika ada kegiatan serupa dilaksanakan di Kabupaten Kupang.

“Kita harapkan setiap tahun kegiatan seperti ini ada,  supaya yang belum dioperasi hari ini bisa dioperasi,”ungkapnya.

Menurutnya,  biaya operasi katarak cukup besar hingga mencapai Rp.6-7 juta sehingga banyak masyarakat yang menunggu moment operasi gratis seperti saat ini.

Yang menarik dalam operasi katarak ini kata dia, ada penanaman lensa okuler sehingga pasien tidak perlu menggunakan kaca mata setelah operasi.

Operasi ini, dipimpin dr . Erni dan dr . Yohan. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi 15 menit. “Bisa lebih 20 menit jika  ada penyulit seperti pendarahan,”katanya. (ady)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60