Puskesmas dan RS di Alor Dapat Bantuan APD dari Melki Laka Lena

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada 26 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit (RS) di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencana penyaluran sendiri sedianya akan dilakukan pada Rabu, 15/7/2020.

Bantuan APD berupa seragam hazmat, masker medis dan face shield (pelindung wajah) tersebut untuk membantu para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam melayani masyarakat. Terutama dalam proses pencegahan dan penanganan pasien di tengah pandemi global Covid-19 yang saat ini masih menggegerkan tanah air.

Melki Laka Lena, sapaan karib Emanuel Melkiades Laka Lena berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit dan Puskemas di Alor. Selain itu, dia juga berharap agar tenaga medis tetap semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Teman-temanku tenaga kesehatan di manapun bertugas tetap terlindungi secara aman dalam menjalankan pelayanan kesehatan. Tetap semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kita,” harap Laka Lena kepada wartawan via WhatsApp, Selasa (14/07/2020) petang.

Sementara itu, Leader Ismail, selaku koordinator bantuan APD dari Melki Laka Lena untuk wilayah Alor, ketika ditemui wartawan di Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor, Selasa (14/07/2020) petang. Leader mengapresiasi terobosan nyata Melki Laka Lena yang terus membantu para tenaga medis di kabupaten Alor.

“Sebagai putra daerah Alor dan juga koordinator bantuan untuk Alor, tentu saya mengapresiasi terobosan nyata abang Melki Laka Lena yang sudah membantu Puskesmas dan Rumah Sakit di Alor. Ada sebanyak 26 Puskesmas yang dibantu abang Melki Laka Lena ini merata di seluruh wilayah pulau Alor dan Pantar. Ada juga 2 Rumah Sakit yakni, RSUD Kalabahi dan Rumah Sakit Bergerak,” katanya.

Leader Ismail juga merincikan 26 Puskesmas di Alor yang mendapatkan bantuan APD dari Melki Laka Lena, diantaranya; Kecamatan Pantar di Puskesmas Kabir, Kecamatan Pantar Barat di Puskesmas Baranusa, Kecamatan Pantar Timur di Puskesmas Tamalabang dan Bakalang, Kecamatan Pantar Barat Laut di Puskesmas Kayang, Kecamatan Pantar Tengah di Puskesmas Maliang, Kecamatan Alor Barat Daya di Puskesmas Moru dan Buraga, Kecamatan Mataru di Puskesmas Kalunan, Kecamatan Alor Selatan di Puskesmas Apui dan Padang Alang, Kecamatan Alor Timur di Puskesmas Maritaing dan Lantoka, Kecamatan Alor Timur Laut di Puskesmas Bukapiting, Kecamatan Pureman di Puskesmas Mademang, Kecamatan Teluk Mutiara di Puskesmas Kenarilang, Kecamatan Kabola di Puskesmas Lawahing, Kecamatan Alor Barat Laut di Puskesmas Kokar, Ternate dan Alor Kecil, Kecamatan Alor Tengah Utara di Puskesmas Mebung dan Mainang, Kecamatan Pulau Pura di Puskesmas Limarahing serta Kecamatan Lembur di Puskesmas Lembur, Probur dan Taman Mataru.

Leader Ismail yang juga generasi muda Alor Barat Daya ini menjelaskan, bantuan APD tersebut merupakan kerjasama antara Melki Laka Lena dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kata dia, bantuan ini merupakan kepedulian Melki Laka Lena yang merata, artinya tidak saja membatu di daerah pemilihannya tetapi membantu juga di luar daerah pemilihannya seperti di Alor, daratan Flores dan Lembata.

“Abang Melki Laka Lena sendiri merupakan politisi muda dengan basic ilmu kesehatan, dan saat ini sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi atau mitra kerjanya dengan Kemenkes. Ini merupakan kepedulian abang Melki Laka Lena yang merata, tidak saja beliau membatu di daerah pemilihannya tetapi membantu juga tenaga medis di wilayah Alor – Pantar dan juga membantu di seluruh wilayah Indonesia dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,”. Ujar instruktur swasta Desain Grafis BLK Kupang itu.

Dia menambahkan, bantuan APD dari Melki Laka Lena sudah tiba di Kalabahi dan akan disalurkan dalam waktu dekat, dengan melibatkan unsur DPD II Partai Golkar Alor, Ikatan Istri-istri Partai Golkar (IIPG) Alor, Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI), Alumni Farmasi dan Alumni Sanata Dharma.

“Langkah koordinasi, sebagai koordinator bantuan APD dari bang Melki Laka Lena di wilayah Alor, sejauh ini saya sudah membangun komunikasi baik dengan Pak Sulaiman Singhs, anggota DPRD Alor dari Fraksi Partai Golkar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD. Saya juga mengapresiasi Pak Sulaiman Singhs karena dari proses pengiriman Kupang – Alor hingga bantuan tiba di Alor, bahkan proses distribusi nantinya, saya dengan Pak Sulaiman juga selama ini membangun komunikasi baik. hampir setiap hari kami koordinasi,” tutur Leader.

Leader juga mengapresiasi Sulaiman Singhs yang turut aktif berpartisipasi dan sumbangsih dalam setiap bantuan Melki Laka Lena bersama mitra kerja Komisi IX DPR RI di kabupaten Alor, seperti bantuan Sembako, bantuan makanan tambahan balita dan ibu hamil dan bantuan APD yang telah disalurkan bersama unsur DPD II Partai Golkar Alor dan para tokoh senior Alor lainnya.

“Berbagai bantuan di Alor dari Pak Melki Laka Lena yang juga Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Pak Sulaiaman mendistribusikannya dengan baik, beliau melibatkan ada unsur DPD II Golkar hingga politisi senior yang juga mantan bupati Alor, bapak Simeon Th. Pally,” tuturnya lagi.

Leader berharap semoga kepedulian Melki Laka Lena untuk Alor-Pantar terus dilakukan dengan berbagai bantuan bersama mitra kerjanya di Komisi IX DPR RI dan juga melalui DPP partai Golkar. Selain itu, dia juga berharap agar bantuan APD bagi para tenaga medis di Alor ini semoga bermanfaat dalam pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi global ini.

“Semoga bermanfaat dan menambah semangat baru bagi tenaga medis, dalam menjalankan tugas dan pelayanannya,”. tutupnya. (*Pepenk).

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60