Perjuangan Kartini Sadarkan Perempuan Sejajar Dengan Laki-laki

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com — Perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini berhasil menyadarkan perempuan untuk sejajar dengan laki-laki, baik di dunia pendidikan dan politik.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kota Kupang, Diana Oktoviana Bire di Kupang, Kamis (21/4/2022).

“Kartini telah berhasil mewujudkan cita-citanya, membawa kaum perempuan untuk sadar akan pendidikan dan politik,” tegas Ketua Komisi II ini.

Menurut Diana Bire, Kartini adalah sosok yang membawa emansipasi pada perempuan, sehingga perempuan bisa di sejajarkan dengan laki-laki.

“Seperti yang kita lihat sekarang, banyak perempuan yang punya jabatan yang sama dengan laki-laki,” jelasnya.

Berbeda dengan zaman sebelumnya, kata Diana Bire, pendidikan itu hanya bisa dirasakan oleh laki-laku, dan di dunia politik pun sekarang perempuan sudah punya eksistensi yang besar, walaupun keterwakilan perempuan baru 30 Persen, dalam penempatan kursi DPR.

“Semoga ke depannya, karena hak perempuan dan laki-laki sama, maka keterwakilan perempuan bisa 50 Persen,” harap Diana Bire.

Hal ini, jelas Diana Bire, dibuktikan dengan banyaknya perempuan hebat dan sukses dalam dunia tersebut, juga pada bidang-bidang lain yang selama ini hanya dijabat kaum laki-laki.

“Sebagai anggota Dewan, saya ingin perjuangan Kartini harus dilanjutkan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan,” tegas Diana Bire.

Pihaknya mencontohkan, seperti memfasilitasi perempuan dalam memberikan edukasi dan pelatihan-pelatihan, yang bisa memberikan kontribusi untuk kesejahteraannya.

“Kita bisa bangun jiwa kewirausahaannya, khususnya ibu rumah tangga, sehingga membawa perubahan bagi keluarganya, seperti pemberdayaan ekonomi,;” tegas Diana Bire.

Disamping itu, tambah Diana Bire, tetap memperjuangkan hak-hak perempuan yang masih didiskriminasi.

“Saya berharap, cita-cita Kartini dalam hal kesetaraan gender selalu di perjuangkan, agar laki-laki dan perempuan di anggap sama. Karena sampai saat ini, masih saja ada diskriminasi terhadap kaum perempuan,” aku Diana Bire. (ira)

Komentar Anda?

Related posts