Peringatan Hardiknas Di NTT Diwarnai Demo Tolak UN

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Upacara hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang dilakukan di alun-alun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur (NTT) diwarnai unjuk rasa mahasiswa yang mendesak pemerintah mecabut ujian nasional (UN).

“Kami menolak pelaksanaan ujian nasional, karena sangat memberatkan siswa,” kata koordinator Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Simon Mesak saat menggelar aksi demonstrasi, Jumat, 2 Mei 2014.

Menurut menilai pelaksanaan ujian nasional di Indonesia sangat memberatkan siswa yang berada di pedesaan yang sarana pendikan sangat rendah, sehingga tidak bisa melaksanakan ujian nasional.

“Ujian nasional hanya bisa untuk pulau Jawa, bagaimana dengan ujian di pedesaan yang disamakan dengan di ibu kota Jakarta,” katanya.

Karena itu, dia mendesak agar pemerintah segera mencabut ujian nasional sehingga tidak memberatkan siswa di pedesaan. Karena hal itu juga menyebabkan rendahnya prosentase kelulusan di daerah ini. “Salah satu faktor rendahnya tingkat kelulusan, karena ujian nasional,” katanya.

Pada perayaan Hardiknas tahun ini, dinas pendidikan dan kebudayaan NTT menggelar upacara yang diikuti ratusan siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), serta aneka lomba.(joey)

Komentar Anda?

Related posts