Pemerintah Harus Utamakan Kualitas Pendidikan

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dunia Pendidikan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam dua tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang boleh dibilang signifikan. Barometernya bisa terlihat pada hasil Ujian Nasional, dimana ada peningkatan pada tingkat kelulusan siswa, baik SD, SMP maupun SMU. Oleh karena itu, kualitas pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur harus terus diutamakan.

Demikian disampaikan Rudyzon Doko Paty, Akademisi yang juga adalah Ketua Harian Sekolah Timggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nusantara Kupang, yang ditemui saat momentum Hari Pendidikan Nasional (02/05/14), kemarin. “Secara Umum saya melihat pendidikan di NTT, khususnya Kota Kupang sudah bagus,” jelasnya.

Ia menjelaskan, memang secara umum berbicara mengenai kualitas pendidikan juga sering dikaitkan dengan sarana dan prasarana pendidikan. Namun, lanjutnya, khusus untuk Kota Kupang sendiri, sarana dan prasarana pendukung di bidang pendidikan sudah menunjukan adanya perubahan ke arah yang lebih baik, jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Rasio antara sarana prasarana dengan kebutuhan sudah sangat bagus, dan sebagian besar sudah mengalami peningkatan yang cukup baik,” ungkap Doko Paty

Ketika diminta pendapat soal bisaya pendidikan yang saat ini cukup mahal, Rudyson mengungkapkan, sebenarnya itu tidak menjadi persoalan. Dikatakan, Pemerintah saat ini tengah mengarahkan perhatian terhadap pendidikan baik melalui APBN maupun APBD.

Ia mencontohkan, selain dana BOS yang selalu digelontorkan setiap tahunnya, ada berbagai program beasiswa, serta dalam hal regulasi yang sudah dibuat untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dan di NTT khususnya.

Bahkan, menurutnya, terkadang suport dari warga yang kurang mampu terhadap berbagai program dan regulasi dari pemerintah masih sangat minim, sehingga ini juga menjadi salah satu faktor penghambat belum maksimalnya upaya dari pemerintah untuk dunia pendidikan.

“Dari sisi hregulasi sebenarnya sudah sangat baik dan barometernyapun sudah cukup jelas. namun yang sangat penting adalah responsif terhadap masyarakat juga harus lebih aktif menangkap peluang tersebut,” tandasnya.

Untuk itu, kata Doko Paty, yang penting untuk diutamakan adalah mutu dan kualitas pendidikan, sehingga out put yang dihasilkan pada setiap sekolah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa bersaing dengan daerah lain. (Debby Yunita Mada)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60