PDAM Kota Perluas Jaringan Air Siap Minum

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Perusahaan Daerah Air Minum Daerah (PDAM) Kota Kupang dalam tahun ini mulai mengembangkan jaringan distribusi khusus untuk air siap minum. Selama ini, pendistribusian air siap minum masih sangat terbatas, dan baru menjangkau wilayah sub zona Airmata dan Lahi Lai Besi Koepan (LLBK).

Demikian dikatakan Direktur PDAM Kota Kupang Noldy DP Mumu  melalui telpon seluler kepada seputar-ntt.com, Minggu (15/2/2015).

Noldy mengatakan, sejak diaktifkan setahun yang lalu, transmisi air siap minum yang diolah dari sumber mata air kali Dendeng, sudah mampu memasok air di Sub Zona Airmata dan LLBK. Hanya saja, sejauh ini jumlah pelanggannya masih minim.

“Jumlah pastinya saya kurang hafal, tapi pelanggannya masih belum sampai seratus sambungan,” kata Noldy.

Kendala minimnya sambungan rumah khusus untuk distribusi air siap minum. Karena selain jaringan distribusinya yang belum seluas jaringan distribusi air bersih, juga karena pemahaman masyarakat pelanggan. Masyarakat masih
merasa sayang jika menggunakan air siap minum untuk kebutuhan mandi dan cuci.

Padahal, di kota-kota besar lainnya, sistem ini sudah digunakan dan tak masalah air minum dimanfaatkan juga untuk keperluan mandi dan cuci. Sehingga, hal ini yang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat.
Persoalan jaringan, katanya, akan mulai dibenahi lagi tahun ini.

Direncanakan akan diperpanjang jaringan distribusi sehingga maampu menjangkau sub zona lainnya. Terkait tarif air siap minum, ia menjelaskan, harganya juga tak bedah jauh dengan harga air bersih yang didistribusikan PDAM Kota. Jika tarif untuk air bersih yang mayoritas digunakan pelanggan dikenakan sebesar Rp 4.000 per meter kubik, maka untuk air siap minum tarif yang dikenakan kepadapelanggan sebesar Rp 5.000. “Jadi hanya selisih seribu rupiah saja dengantarif air bersih pada umunya,” kata Noldy. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60