Pater Frits Meko Ajak Mahasiswa Ilkom Unwira Miliki Pribadi Persuasif

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Pater Godelfridus Meko mengajak para mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Katholik Widya Mandira (Unwira) Kupang untuk memiliki pribadi yang persuasif.

Demikian dikatakan Pater Frits Meko sapaan akrab Pater Godelfridus Meko, SVD saat memberi kuliah umum  dengan thema “komunikasi persuasif” yang digelar di Kampur Unwira Kupang pada Jumat, (9/6/2022).

“Seorang komunikator harus memiliki kepribadian persuasif. Sebagai seorang komunikator harus menyadari bahwa komunikasi merupakan kereta dalam system,” kata Frits Meko.

Misionaris SVD yang berasal dari Kefamenanu itu mengatakan, sebuah system akan berjalan dengan semestinya jika tidak komunikasi yang terjadi. Dia juga mengatakan untuk menjadi seorang penulis harus memiliki motivasi.

“Seorang penulis juga harus menerapkan habitualisasi atau proses pembiasaan dalam membaca buku agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Jikalau kita banyak membaca itu akan mendukung daya analisa kita yang dapat mempermudah kita dalam menulis dan membuat karya yang menarik” katanya.

Frits Meko menjelaskan, kualitas sekolah seseorang tidak dapat menentukan kecerdasan seseorang. Ada beberapa hal yang harus dimiliki dan dibangun dalam diri yaitu mindset atau tata pikir, heartset atau tata hati, dan skillset atau keterampilan.

“Ketika kita memperhatikan dan memfokuskan diri kita pada ketiga hal ini maka akan sangat membantu kita dimasa depan,” jelasnya.

Pada akhir perkuliahan, Frits Meko memberikan pertanyaan kepada beberapa mahasiswa, dan yang bisa menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah berupa buku yang ditulis oleh dirinya.

Frits Meko juga menyampaikan rasa bahagian dan kagumnya karena ia dapat memberikan gagasan dan pengalaman yang luar biasa dan memotivasi para mahasiswa dengan rasa senang,bersemangat dan antusias mengikuti kuliah umum.

“Saya bahagia bisa kembali mengajar lagi seperti ini setelah beberapa waktu, bisa memotivasi dan bertemu dengan kalian. Saya berharap kalian bisa menghasilkan karya-karya sastra yang luar biasa” . (Vinsensa Ingrid Apolonaria Findoro/Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Semester IV)

Komentar Anda?

Related posts