Parpol dan Caleg Diminta Berperan Dalam Sosilaisasi Pemilu

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, meminta Partai Politik dan para Calon Legislatif (Caleg) untuk ikut berperan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam menggunakan hak suara pada Pemilu legislatif, 9 April mendatang.

“Sosialisasi merupakan tugas dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu, tetapi dengan kekurangan dan limit waktu yang ada, maka KPU tidak bisa melakukan sendiri, sehingga KPU berharap agar Parpol dan Caleg ikut berperan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat menggunakan hak suara pada saat Pemilu,” kata anggota KPU NTT, Gazim M Noor, usai acara Talk Show Pemilu Damai Tanpa Diskriminasi SARA, yang dilakukan oleh Aliansi Dame Timor di Resto Celebes jalan perintis kemerdekaan Kota Baru, Senin (24/2) malam.

Ia mengaku, seluruh KPU di NTT  baru selesai mengkuti Bimtek di Jakarta, dan saat ini KPU kabupaten/Kota sementara melakukan Bimtek untuk PPK dan KPPS. Untuk itu KPU sangat berharap peran semua pihak dalam memberi pemahaman kepada masyarakat supaya menggunakan hak politiknya saat Pemilu tanggal 9 April nanti.

Ia mengatakan,sejak reformasi tahun 1999 tren partispasi masyarakat untuk menggunakan hak suara pada saat Pemilu cenderung menurun. Untuk itu maka KPU sebagai penyelenggara Pemilu sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak politiknya.

“Yang jelas KPU akan melakukan secara optimal dimana langkah terakhir yaitu KPPS akan berada di tiap TPS guna menunjuk model C 6 bagi pemilih yang datang ke TPS ,” katanya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Related posts