Para Akademisi Optimis KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo Bangkitkan Perekonomian Bangsa

  • Whatsapp
Share Button

Bali, seputar-ntt.com — Para akademisi dari berbagai universitas sangat optimis bahwa pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo mampu turut membangkitkan perekonomian bangsa.

Dekan FH Universitas Mahasaraswati, Denpasar Bali, Dr Sukawati Lanang P Perbawa berharap semoga seluruh perhelatan KTT ASEAN 2023 bisa berjalan lancar.

Bukan hanya itu, dirinya juga optimis bahwa event internasional tersebut dapat meningkatkan UMKM masyarakat.

“Semoga KTT ASEAN 9-11 Mei di Labuan Bajo bisa berjalan lancar dan sekaligus UMKM bisa meningkat di Labuan Bajo dan sekitar termasuk di Indonesia,” katanya

Lebih lanjut, menurutnya tidak hanya UMKM yang akan turut meningkat, namun juga seluruh budaya di Indonesia akan turut semakin terkenal.

Dr Sukawati juga berharap semoga seluruh peserta dan delegasi dalam ASEAN Summit 2023 ini mampu mengikuti semua agenda persidangan dengan lancar serta memberikan kontribusi terbaik bagi anggota ASEAN.

“Termasuk juga budaya Nusantara bisa semakin maju dan terkenal, semoga juga semua peserta KTT ASEAN yang hadir di Labuan Bajo bisa menjalankan persidangan dengan baik dan lancar, serta memberikan kontribusi positif pada semua aspek di kawasan Asia Tenggara” harapnya.

Dr Sukawati kemudian turut memberikan apresiasi besar kepada seluruh pihak dan Presiden Jokowi karena telah bekerja keras dalam pelaksanaan Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN ke-42 itu.

“Terima kasih kepada seluruh pihak, dan terima kasih kepada Bapak Jokowi, Merah Putih tetap jaya, Indonesia tetap jaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pakar Hubungan Internasional UGM, Randy Wirasta Nandyatama menyampaikan bahwa pertemuan antar kepala negara di negara-negara kawasan ASEAN tersebut menunjukkan perekonomian di Indonesia merata.

Pasalnya Indonesia sendiri telah banyak menjalin kerja sama strategis dalam upaya stabilisasi perekonomian nasional.

“Ketika Indonesia menjadi ketua, Indonesia membangun beberapa elemen penting terutama bermanfaat bagi stabilitas perekonomian dan banyak kerja sama beberapa sektor strategis,” ujarnya.

Di sisi lain, Direktur Lembaga Kajian Kebijakan Publik (LKKP), Vinsensius Awey berharap bahwa Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN mampu mensejahterakan perekonomian masyarakat.

“Penyelenggaraan KTT ASEAN tahun ini diharapkan dapat memberikan dampak kesejahteraan perekonomian masyarakat,” ucapnya.(*)

Komentar Anda?

Related posts