NTT Miliki 62 Daerah Penting Bagi Keragaman Hayati

  • Whatsapp

Kupang, Seputar NTT.com – Wilayah Nusa Tenggara Timur memiliki sedikitnya 62 daerah penting bagi keragaman hayati, baik di darat maupun yang ada di laut.

Berdasarkan hasil identifikasi tim biodiversity Dana Kemitraan Ekosistem Kritis, atau CEPF, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah yang termasuk dalam Kawasan Wallacea, atau kawasan yang kaya akan keragaman hayati. Kawasan wallcea sendiri terdiri dari Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara termasuk Timor-Leste.

Pete Wood, dari Organisasi Pelestarian Burung Liar mengatakan, dari hasil identifikasi CEPF, di dunia, sedikitnya terdapat 35 titik kawasan yang sangat kaya akan keragaman hayati namun juga sangat terancam kepunahannya.

Untuk itu, perlindungan atau konservasi kawasan yang ditawarkan CEPF melalui organisasi pelestarian burung liar adalah dengan memadukan kebutuhan atau kebiasaan hidup masyarakat setempat dengan apa yang akan dilakukan. Menurut Pete Wood, kerusakan alam biasanya terjadi oleh faktor pembangunan, seperti pembangunan jalan, maupun proyek pertambangan.

Untuk itu, CEPF dalam rekomendasinya terhadap perlindungan kawasan hayati terkait rencana pembangunan adalah dengan memperhitungkan jenis-jenis keberadaan yang khas yang ada disekitar lokasi pembangunan.(dayat)

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *