Musim Tanam Tiba, Petani di Alor Masih Sibuk Panen

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Pada saat para petani di NTT sibuk siapkan lahan untuk tanam padi pada musim tanam tahun 2017-2018, ternyata di Alor-NTT,  sampai saat ini masih melakukan kegiatan panen. Hal ini ditandai dengan panen padi organik seluas 40 ha, yang dipanen secara simbolik oleh Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dan Staf Ahli Menteri Pertanian  Bidang Infrastrukur, Dr. Ani Andayani di Kawasan Lembah Mainang, desa Malaipea, Kecamatan Alor Selatan  pada Selasa, (23/1/2018).

Hadir dalam kegiatan panen tersebut yakni para PPL, Ketua DPRD Alor, Martinus Alopada, Sekertaris  Dinas Pertanian NTT, Ir. Miqdonth Abola, M.Si,  Kadis Pertanian Alor, Kepala BPTP Balitbangtan NTT, Dr. Syamsuddin, KaBB Diklat Peternakan, Dr. Adang Warya, Dandim, Letkol Daniel Budi,  Wakapolres, Camat Alor Selatan, Babinsa, Kepala Desa Malaipaka dan petani serta masyarakat setempat.

Acara ini cukup istimewa dan unik karena petani setempat mampu menghasilkan padi organik dari varietas lokal, yang  produktivitasnya mencapai  5 ton/ha gabah kering panen (GKP).

“Walaupun  di musim hujan ini kita sedang  menanam tetapi kita juga masih melakukan kegiatan panen. Ini membuktikan kita NTT juga bisa memperlihatkan semangat usahatani dalam mengoptimalkan sumberdaya lahannya,” kata penanggungjawab UPSUS NTT, Dr. Ani.

Bupati Alor, Amin Djobo dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan situasi seperti ini maka masyarakat Alor akan terjamin ketersediaan pangannya dikala memasuki musim tanam seperti saat ini. “Dengan kondisi ini maka masyarakat dipastikan kenyang, dan jika kenyang dipastikan sehat,” kata Djobo.

Kabupaten Alor dengan ibukota Kalabahi  adalah satu dari 21 kabupaten/kota di NTT, yang administrasinya wilayahnya pulau Alor dan Pantar serta beberapa pulau kecilnya. Kabupaten yang letaknya paling timur dalam gugusan kepulauan di Nusa Tenggara Timur ini, adalah wilayah yang sebagian besarnya kondisi topografinya didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Secara administratif wilayah yang luasnya hampir 280 ribu ha, ini meliputi   desa dalam 17 kecamatan dengan jumlah penduduknya hampir mencapai 200 ribu jiwa.

Kabupaten Alor terdiri dari sembilan pulau berpenghuni dan sebelas pulau tak berpenghuni. Kesembilan pulau ini adalah Pulau Alor,  Panar, Pura, Tereweng, Ternate, Kepa, Buaya, Kangge dan Kura. Sementara sebelas lainnya adalah pulau Sikka,Kapas, Batang, Lapang, Rusa, Kambing, Watu Manu, Batu Bawa, Batu Ille, Ikan Ruing dan Pulau Nubu. (TB).

Komentar Anda?

Related posts