Masyarakat Kabupaten Kupang Diingatkan Tidak Golput

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Semua elemen yang ada di Kabupaten Kupang dihimbau untuk mendorong motivasi masyarakat agar menghidarkan diri dari golput saat pemilihan calon anggota legislative (Pileg) maupun pemilihan Presiden (Pilpres) nanti.

Permintaan ini disampaikan Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki,MS,Ph.D saat pertemuan penyelenggara dan pengawas Pemilu tingkat Kabupaten Kupang bersama pimpinan Partai Politik di ruang rapat Bupati Kupang di Oelamasi, Selasa (4/3/2014).

“Kita semua harus menghimbau, mendorong motivasi masyarakat untuk menghindar dari Golput karena tingginya partisipasi masyarakat dalam suatu penyelenggaraan Pemilu menunjukkan demokrasi di wilayah tersebut telah berjalan baik,” kata Bupati Titu Eki didampingi Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch. Louk dan Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang, Ernes Dae.

Ditegaskan, pemilu legislative di Kabupaten Kupang harus sukses, berjalan aman, tertib dan harus berjalan sesuai harapan. Karena itu, setiap orang harus berjalan sesuai dengan tangungjawabnya masing-masing.

Dikatakan, kondisi geografis wilayah Kabupaten Kupang yang sulit dijangkau tidak boleh menjadi penghalang bagi suksesnya penyelenggaraan pemilu. Sulitnya medan di wilayah Kabupaten Kupang dapat diatasi dengan mempercepat proses penyelenggaraan pemilu.

“Tahu medan sulit maka drop logistic itu jangan tunggu sudah dekat-dekat hari pencoblosan baru dikirim. Kirim lebih awal sehingga ini tidak jadi masalah. Semua kita harus bisa menghindari tekanan-tekanan agar tidak jadi masalah,” kata Bupati Titu Eki.

Wilayah Kabupaten Kupang yang masuk kategori miskin, kata Bupati Titu Eki, tidak boleh lagi dirusakkan dengan pemilu yang kacau. Karena itu, setiap calon anggota legislative harus mampu meredam emosinya walaupun dia dijelek-jelekkan oleh caleg lainnnya.

Sementara itu Ketua Panwas Kabupaten Kupang, Ernes Dae dalam kesempatan ini mengatakan,
pertemuan ini sangat penting untuk bersama-sama memberikan warna yang sangat bagus terhadap kegiatan Pemilu di Kabupaten Kupang.

“Saya yakin kita semua punya harapan agar kegiatan Pemilu di Kabupaten Kupang berjalan aman, damai, tertib dan tidak ada rebut-ributnya. Kalau dapat kondisi yang terjadi saat Pemilu Gubernur dan Bupati dapat juga terjadi saat pemilu legislative nanti. Sehingga hal-hal yang kita saksikan di daerah lain yang membawa kesusahan, penderitaan akibat kerugian materian bahkan korban jiwa tidak terjadi di Kabupaten Kupang pada pemilu legislative nanti,” kata Ernes.

Menurut dia, sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Kupang menjadi tanggung jawab bersama. Pengawas pemilu memiliki harapan agar penyeleggaraan Pemilu berjalan sesuai waktu dan harapan dan ini menjadi sesuatu yang berat karena Panwas diperhadapkan dengan penegakkan-penagakkan aturan Pemilu.

Meskipun berat, ungkap Ernes, tetapi Panwas tidak bisa lari dari tanggung jawab itu walapun pengurus Panwas yang ada saat ini bukan berlatar belakang penegak hukum seperti pensiunan polisi atau tentara atau hakim.

Secara garis besar, tegas Ernes, Panwas telah siap mengawal Pemilu legislative agar berjalan sesuai aturan yang berlaku meskipun untuk menegakkan aturan tersebut pihaknya banyak kali harus korban perasaan.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch. Louk mengatakan, pihaknya siap untuk memberikan jadwal kampanye kepada pihak keamanan sehingga kegiatan kampanye yang akan berlangsung nanti dapat dikawal dengan baik. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60