Lapas Kalabahi Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Kepala Lapas Kelas IIB Kalabahi, Wawan Irawan bersama seluruh jajaran menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022, Jumad, 20/5 pagi.

Upacara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini berlangsung khidmat dan lancar serta pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selaku Inspektur Upacara saat itu, Wawan Irawan saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate yang mengatakan, tema peringatan Hari Pendidikan Nasional “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar masyarakat Indonesia bisa bangkit bersama dari pandemi covif-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai ceremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” ujar Kalapas.

Ia juga mengatakan, di tengah krisis pandemi covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil.

“Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” tambahnya.

Wawan Irawan juga menyampaikan, pda sisi penanganan covid-19 dtingkat nasional menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada dibawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen.

Kendati demikian, lanjutnya, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Penanganan covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal.

“Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I 2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan” tutur Kalapas Irawan.

Diakhir sambutannya, Wawan menyampaikan, ditengah momentum penanganan nasional covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya masyarakat Indonesia dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat,” tandasnya. (*)

Komentar Anda?

Related posts