KPU Sabu Raijua Siapkan Debat Kandidat Tanggal 6 November

  • Whatsapp
Share Button

Seba, seputar-ntt.com – KPUD Sabu Raijua, saat ini sedang mempersiapkan kegiatan Debat terbuka Pasangan Calon (Pslon) Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 November 2015. Kegiatan ini akan dipandu oleh Pembatu Rektor (Purek) I Universitas Undana, Danid Pandie.

Acara debat ini akan dihadiri oleh tiga Pasangan Calon yang bertarung dalam Pilkada Sabu Raijua yakni pasangan dengan nomer urut 1, Thobias Uly-Jusuf Dominggus Lado atau Paket Tulus, pasangan dengan nomer urut 2, yakni Kirenius Buli-Jusuf Albone atau Paket Kibar dan pasangan dengan nomer urut 3 yakni Marthen Luther Dira Tome – Nikodemus Rihi Heke atau Paket Mandiri Jilid 2.

“Saat ini ita sedang mempersiapkan segala sesuai yang berkaitan dengan kegiatan debat Pasangan Calon yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 November nanti,” kata Ketua KPUD, Sabu Raijua, Yudhy Tagi Huma kepada Seputar NTT, Senin, (2/11/2/2015).

Yudhi menjelaskan, KPUD menyiapkan 650 undangan untuk mengikuti kegiatan debat terbuka ini. Pihaknya juga telah menyusun mekanisme debat sehingga bisa berjalan sesuai aturan. “Jadi debat ini kita bagi
dalam empat segemen,” ungkapnya.

Keempat segemn tersebut papa Yudhi, yakni segmen pertama pemaparan visi-misi dari masing-masing Paslon, segemen kedua yakni apa yang akan dilakukan oleh jika terpilih nanti, segemn ketiga, masing-masing Palon saling melemparkan pertanyaan dan segemen terakhir adalah statmen terkahir oleh Paslon untuk mengajak masyarakat mendukung mereka.

“Kita juga sudah seting supaya dalam pertanyaan yang diajukan oleh Paslon tidak menyerang pribadi. Setiap segmen kita siapkan hiburan untuk menghilangkan kejunuhan atau ketegangan,” ungkap Yudhi.

Ditanya alasan KPUD dalam memilih moderator, Yudhi menjelaskan bahwa dipilihnya David Pandie sebagai moderator karena yang bersangkutan dianggap mampu secara akademis dalam memandu kegiatan ini. Selain itu David Pandie juga dianggap sebagai tokoh politik yang netral sekaligus akademisi murni.

“Jadi sesuai aturan, KPUD sendiri yang menyiapkan materinya. Moderator akan menggiring Paslon sesuai dengan materi yang kita buat yang berkaitan dengan ekonomi, politik, pendidikan, budaya dan isu pembangunan. Ini sudah ada dalam peraturan KPU, kita hanya menjabarkan secara teknisnya saja,” tambah Yudhy.

Yudhi menegaskan, kegiatan debat Paslon ini hanya dilaksanakan satu kali saja sesuai agenda dan tahapan Pemilukada.  terbatasnya undangan  dikarenakan terbatasnya ruangan. KPUD sendiri akan mengudang para tokoh masyarakat, tokoh agama, para kepala desa dan elemen masyarakat lainnya.

“Masing-masing Paslon boleh membawa pendukung tapi nanti jumlah yang masuk ke dalam ruangan itu yang kota batasi. Kegiatan ini akan disiarkan secara langsung lewat radio sehingga masyarakat luas bisa mendengarkan,” tutup Yudhi. (ama)

Komentar Anda?

Related posts