Komisi I DPRD Kota Pantau Pemasangan Solar Cell

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Komisi I DPRD Kota Kupang dalam menjalin kemitraan dengan mitra kerja di lingkup Pemerintah Kota Kupang, memantau pelaksanaan program dan kegiatan di Bagian Umum Sekretariat Kota Kupang. Dalam pemantauan kali ini, Komisi I memantau pemasangan lampu jalan yang dipasang di setiap kelurahan dengan alokasi lima titik lampu per kelurahan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Zeyto Ratuarat kepada wartawan usai kunjungan kerja, Senin (12/1/20/2015) mengatakan, kunjungan kerja ke mitra komisi untuk memantau pelaksanaan program dan kegiatan di masng-masing mitra komisi. Dalam kunjungan kali ini, kata dia, Komisi I memantau pemasangan lampu solar cell di Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kota Lama.

“Kunjungan ini untuk menjalankan salah satu fungsi Dewan yakni fungsi pengawasan. Untuk kunjungan dalam daerah pertama, Komisi I melakukan kunjungan ke Bagian Umum dan perlengakapan Sekretariat Kota Kupang,” katanya.

Dari hasil pemantauan tersebut, lanjutnya, pemasangan  lampu solar cell sudah cukup bangus dibandingkan lampu solar cell yang diadakan pada tahun 2009. Dari sisi kualitas, lampu yang terpasang saat ini lebih berkualitas.

Dengan pemasangan lima titik lampu di setiap kelurahan tersebut, diharapkan bisa sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Kupang untuk memasang lima titik lampu di setiap kelurahan.

Tahun 2015, lanjut Ratuarat, Pemkot dan Dewan kembali mengalokaskan anggaran sebesar Rp 7 miliar untuk pemasangan lampu jalan baru di wilayah yang belum memiliki lampu jalan. Diharapkan, anggaran yang telah dialokaskan itu dapat dimanfaatkan secara baik dengan lampu jalan yang berkualitasnya bagus.  “Saya berharap kualitas lampu jalan yang dipasang tahun 2014 bisa dipertahankan atau bila perlu ditingkatkan dengan menggunakan produk lampu jalan solar cell yang baik,” katanya.

Dalam kunjungan kali ini, katanya, selain memantau pelaksanaan program dan kegiatan, juga memperkenalkan jajaran Komisi I kepada mitra kerja komisi. Komisi I juga ingin mengenal lebih dekat mitra kerja mulai dari pimpinan dinas, badan, dan kantor, juga staf. Karena, selama ini dalam setiap rapat kebanyakan hanya dihadiri pimpinan dinas, badan, dan kantor, sedangkan staf jarang hadir.

Sesuai jadwal, Komisi I akan berkunjung ke Dispenduk, Bagian Pemerintahan, Dinas Kominfo, BKD, Badan Kesbangpolinmas, Bagian Hukum, Bagian Organisasi dan Tata Laksana, dan Satpol PP.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Kupang Adrianus Talli menambahkan, kunjungan kerja dilakukan untuk memantau pelaksanaan program dan kegiatan di Bagian Umum yang selama ini mengelola dana yang cukup besar. Kunjungan ini untuk memantau persiapan pelaksanaan, agar tak berdampak hukum di kemudian hari.

Pemantauan juga terhadap pengelolaan asset daerah yang selama ini oleh BPK dinilai belum teralu bagus dan masih mendapatkan oponi wajar dengan pengecualian. Sehingga, dengan penataan asset yang baik, ke depan dapat memperolah opini wajar tanpa pengecualian.

Lurah Nefonaek Titus Ratuarat mengatakan, seringnya Dewan Kota turun memantau kegiatan di lapangan sangat bagus. Sehingga, pelaksanaan program dan kegiatan yang dijalankan pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik. Sarana prasarana yang dilaksanakan dapat diketahui secara baik.

Untuk tahun 2015 ini, ada sejumlah program dan kegiatan yang sudah diusulkan, seperti perbaikan drainase di Jalan Kota Kaya, Anafona, dan Utama Raya yang selalu menjadi langganan genangan air. Diharapkan dalam tahun 2015 ini sudah dapat direalisaskan.(Riflan Hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60