KMP Ile Labalekan Layani Rute Kupang Semau

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Ini kabar gembira bagi masyarakat NTT, khususnya warga Pulau Semau Kabupaten Kupang. Pasalnya Pemerintah pusat melalui Dinas Perhubungan provinsi NTT, memberi bantuan sebuah kapal motor penyeberangan (KMP) atau ferry Ile Labalekan. Kapal ini akan segera tiba pada bulan Maret 2015 dan akan melayani masyarakat yang hendak menyeberang ke pulau Semau.

“Nama Ile Labalekan adalah nama gunung Labalekan sebuah gunung tertinggi di Lembata yang terletak di antara Kecamatan Nagawutun dan Wulandoni, Kapal ini akan tiba pada bulan Maret nanti,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Jembatan dan Penyeberangan pada Dinas Perhubungan provinsi NTT, Marselinus Tupen Masan yang dihubungi di Kupang, Jumat, (16/1/2015).

Dia menjelaskan, kapal itu merupakan kapal pemberian pemerintah provinsi NTT untuk melayani kebutuhan penyeberangan masyarakat di daerah ini. Pemberian kapal itu atas permintaan pemerintah provinsi NTT kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI.

Kapal Feri Ile Labalekan itu di buat di Tanjung Periuk Jakarta dengan kapasitas 750 groos tonage (GT). Direncanakan  kapal itu akan melayani rute Bolok – Hansisi, Pulau Semau, PP dan rute itu juga sudah disetujui Kementerianpemerintah.

“Kita ajukan permohonan penambahan sebuah kapal feri dengan rute pasti dan kementerian perhubungan menyetujuinya. Jika kapal itu sudah berada di Kupang kita akan mengoperasikannya sesuai rute yang ada dan kemungkinan besar akan diserakan kepada PT Flobamora untuk mengoperasikannya,” kata Tupen Masan.

Ditanya, apakah rute Kupang –Hansisi itu memang sudah paten, Tupen Masan mengatakan, rute itu diajukan dari provinsi dan disetujui pemerintah pusat. Meski demikian setelah itu bisa diatur lagi untuk rute lainnya, tetapi tetap memerioritaskan rute Kupang – Hansisi sebagai rute utama.

Direktur Utama (Dirut) PT Flobamora, Hironimus Soriwutun yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya akan siap mengoperasikan Kapal Feri Ile Labalekan itu jika pemerintah provinsi NTT dalam hal ini Dinas Perhubungan NTT mempercayakan pengelolaannya kepada PT Flobamora ini.

“Kalau dipercayakan mengelola Kapal Ile Labalekan, kita tentu siap melaksanakannya, tergantung dari Satker (Satuan Kerja) mempercayakan kita untuk mengelolanya,” katanya.

Soriwutun mengatakan, saat ini Perusahan yang dipimpinnya sedang mengelola pengoperasian tiga kapal milik pemerintah. Ketiga kapal feri itu masing-masing Ile Boleng yang melayani rute Kupang – Lewoleba,PP, Pulau Sabu dengan rute  Kupang-Kiser, PP dan Sirung yang melayani rute Kupang-Ende.(joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60