Kemenhub Tengah Bangun Komunikasi Dengan Setneg Soal Pengresmian Bandara Pantar Oleh Jokowi

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) tengah membangun komunikasi dengan Sekretariat Negara (Setneg) untuk mendapatkan kepastian informasi soal pengresmian Bandara Pantar oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi).

“Jadwal pengresmiannya bulan Desember ini oleh Pak Jokowi. Namun untuk lebih pastinya kita sementara menunggu hasil komunikasi antara Kemenhub dan Setneg,” katanya kepada media, Selasa, 28/9/2020.

Terkait masalah lahan, Plt Bandara menyampaikan, bersama Pemerintah Kabupaten Alor telah menuntaskannya dan akan secepatnya melakukan pembersihan untuk pengoperasian bandara.

“Kemarin itu kendalanya dilahan masyarakat yang berukuran 150 X 130 meter persegi. Namun Pemerintah Kabupaten Alor telah menuntaskannya. Bahkan Bupati sendiri turun sendiri untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan melihat lahan di bandara. Akhirnya masalahnya pun telah tuntas,” ujar Menirius Tuaty.

Untuk itu, mewakili pihak bandara dirinya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Alor yang telah menuntaskan lahan di kawasan bandara tersebut.

“Sambil melakukan pembersihan, pihak kami juga lagi menunggu arahan dari pemerintah untuk melakukan proses penertiban aset,” ungkapnya.

Menirius mengungkapkan, badara ini sudah dapat dioperasikan karena register bandara Pantar telah terbit. Terbitnya register ini melalui rapat secara virtual belum lama ini yang ditandatangani pejabat yang berwenang pada tanggal 18 September 2020.

“Selain register, code bandara juga sudah di keluarkan oleh IATA (organisasi penerbangan yang berpusat di Prancis) dengan salah satu tugasnya menerbitkan code bandara. Untuk code bandara Pantar sendiri itu AXO,” tandas Menirius.

Dari segi kelayakan sendiri menurut Tuaty, Bandara Pantar sudah memenuhi kegiatan operasional penerbangan.

“Semua persiapan administrasi dan tekhnisnya telah layak untuk didarati pesawat jenis carafan,” tutup Plt. Menirius Tuaty (OSM/Tim).

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60