Kasus HIV/AIDS di Kota Kupang Capai 530 Kasus

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Kasus HIV/AIDS di Kota Kupang hingga bulan Oktober 2013 terdapat sebanyak 530 kasus yang terdiri dari HIV 395 dan AIDS 135. Dari total kasus tersebut dibagi dalam dua kelompok yakni untuk laki-laki 322 kasus dan perempuan 208 kasus .terhindar dari kasus ini.

“Kami dari KPA terus melakukan sosilaisasi mulai dari tingkat sekolah dalam hal ini para pelajar hingga masyarakat umum. Kami juga telah membentuk warga peduli AIDS ditiap kelurahan,” jelas Sekertaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Kupang, Elia Thomas Salean di kantornya, 2 Desember 2013.

Selain itu kata Elia, KPA Kota kupang juga melakukan sosialisasi di SKPD-SKPD yang ada dilingkup Pemerintahan Kota Kupang yang juga memiliki resiko tinggi terhadap kasus HIV/AIDS .

“Dari data yang ada, kasus HIV/AIDS sudah masuk hingga ibu rumah tangga yang terbawa dari suaminya yang kemungkinan besar telah teriveksi HIV/AIDS karena melakukan seks bebas,”katanya.

Elia mengatakan, untuk mengetahui seseorang terinfeksi penyakit HIV/AIDS maka pihak KPA berharap supaya masyarakat melakukan pemeriksaan pada rumah sakit yang ada di Kota kupang yakni di klinik Seroja, RSUD Yohanes dan juga RSU Bayangkara.

Elia menambahkan, dalam pemeriksaan ini jika seseorang terinveksi maka status orang tersebut akan dirasiakan dan yang bersangkutan akan mendapat pendampingan oleh pihak medis,sehingga merasa terkucil di tengah Masyarakat.

“Jika yang bersangkutan dalam pemeriksaan ternyata terinveksi dan ingin menyampaikan kepada orang tua maka pihak ke ketiga yang akan menyampaikan hal tersebut. Namun jika tidak ingin diketahui maka kerahasiaan itu tetap dijaga karena semua tergantung yang bersangkutan,”ungkapnya.(riflan hayon)

 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60