Kades Kecewa “Wakil Rakyat” Dapil IV Tak Hadir di Musrembang Kecamatan ABAL

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com. Sedikitnya tiga Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Alor Barat Laut (ABAL) kecewa dengan tidak hadirnya empat orang “Wakil Rakyat” Daerah Pemilihan (Dapil) IV di forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan di Kokar, Selasa,18/2/2020 lalu.

Hal ini disampaikan Kepdes Hulnani, Mustakim Tehing yang di temui media di lokasi kecamatan, merasa sangat kecewa dengan tidak hadirnya  empat anggota dewan tersebut.

“Musrembang merupakan momen untuk peletakan dasar  anggaran sehingga mereka harus  hadir. Jadi  bukan  tahun  ini saja mereka tidak ada  tapi tahun-tahun sebelumnya juga tidak hadir. Datang supaya orang kenal agar periode berikut orang pilih lagi to”, ujar Mustakim.

Senada juga disampaikan Kepdes Lewalu, Ruslan Panawa yang ditemui secara terpisah mengatakan, seharusnya para wakil rakyat ini hadir sehingga usulan program dari tiap desa bisa tau dan kawal.

“Kalau pihak kecamatan sudah undang baru tidak datang, kami sangat kecewa. Sebaliknya kalau tidak di undang maka kami kecewa dengan pihak kecamatan, karena   ini  sudah mencoreng nama baik mereka sendiri sebagai anggota dewan terhormat,” ujar Ruslan.

Meski demikian, ia berharap ketika usulan program dinaikan di DPRD, mereka harus kawal sehingga bisa lolos dalam pembahasan anggaran untuk kepentingan banyak orang,” harapnya.

Sementara Kepdes Alila,  Ruslan A. Bait menyampaikan, ketidakhadiran keempat anggota dewan bisa karena masalah dari masyarakat sendiri.

“Namanya hati orang kita tidak tau juga, sifat iri, dengki pasti ada karena mereka pikir tidak dipilh di desa ini atau itu sehingga  mereka tidak datang,” ucapnya.

Bait juga mengingatkan jika anggota DPRD adalah perwakilan rakyat dan untuk Kabupaten Alor, bukan untuk daerah pemilihan tetapi kalau hadir di Dapilnya  tentu membawa suasana yang lebih baik lagi,” ujar Ruslan Bait.

Ketua DPRD Enny Anggrek yang hadir menemani Bupati Alor merasa menyesal juga dengan tidak hadirnya empat orang perwakilan DPRD di Dapil IV ini.

“Padahal saya sudah menegaskan pada  29 orang Dewan agar selalu hadir dalam mengikuti Musrembang di dapilnya masing-masing,” kata Enny.

Sementara Camat ABAL, Debrina Lelang mengatakan jika undangan untuk empat orang DPRD sudah di kirim ke alamat rumah mereka masing-masing.

“Jika mereka tidak hadir bukan tanggung jawab kami lagi. Mungkin    ada halangan dan tugas lain,” tutup Camat Debrina singkat. (*Yusram Beinkabel).

Komentar Anda?

Related posts