Kades Hulnani Dorong Sektor Pariwisata Jadi Program Prioritas

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Bukit Hulnani yang terletak di Desa Hulnani Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Berada diketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut, tempat ini memberikan keindahan tersendiri dengan deretan pulau terapung (Ternate dan Pulau Buaya, Kepa, Treweng, Pantar). Yang paling ditunggu pengunjung terutama fotografer dan wisatawan yakni saat matahari terbenam atau sunset. Posisi matahari akan tepat berada di samping Pulau Ternante, sehingga akan terlihat begitu indah.

Melihat potensi ini, Kepala Desa (Kades) Hulnani Mustakim Tehing dorong sektor pariwisata menjadi program prioritas untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) serta menjadikan Bukit Hulnani sebagai icon baru destinasi wisata diperiode kedua masa kepemimpinannya.

Menurutnya, selain peningkatan PAD, sektor pariwisata ini juga juga akan memberi ruang tumbuhnya usaha ekonomi kreatif baru bagi masyarakat.

“Tahun ini kami akan mengalokasikan Dana Desa sebesar 150 juta untuk pengembangan pariwisata, sesuai dengan prioritas penggunaannya,” kata Kades Mustakim kepada media dikediamannya Desa Hulnani Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor, Kamis, 26/12/2019 pagi.

Lanjut Kades, selain penataan, alokasi anggaran tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan lopo dan penerangan disekitar Bukit Hulnani.

“Kita coba desain sebaik mungkin agar menambah daya tarik wisatawan. Kelompok-kelompok home industri kita gerakan lagi, dengan begitu bisa meningkatkan pendapatan warga,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap dukungan dari semua pihak sehingga apa yang dilakukannya ini bisa membawa Hulnani kearah yang lebih baik lagi dan setara bahkan lebih dari desa lain.

“Kalau ada surga di timur matahari maka saya ingin ada surga di barat terbenamnya matahari,” cetus Tehing.

Lahan menjadi hal klasik sebuah pembangunan namun alumni HMI ini menyebut tidak menjadi masalah sebab sudah dibicarakan bersama.

“Kebetulan juga pemiliknya adalah sekretaris desa, kami sudah bangun koordinasi dan yang bersangkutan setuju,” ujar Kades dua periode ini

Selain sektor pariwisata, Kades termuda ini juga lebih menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia sesuai janji politiknya.

“Kita akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang sementara studi di perguruan tinggi baik di Alor, Kupang maupun diluar NTT. Kita siapkan SDM unggul sebagai generasi penerus untuk pembangunan kampung halaman dan daerah ini,” pungkas Mustakim Tehing. (*Pepenk)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60