Kabupaten Rote Ndao Dievaluasi Depdagri

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Ba,a, seputar-ntt.com – Kabupaten Rote Ndao masuk dalam salah satu Kabupaten dari 180 Kabupaten Baru di Indonesia yang dievaluasi kembali olleh Departemen Dalam Negeri.

“Dari sekian banyak Daerah Otonom Baru, Kabupaten Rotendao masuk dalam salah satu daerah yang akan dievaluasi olehDepdagri,” ungkap Anggota DPR RI, Fari DJ. Francis Ba’a.

Masuknya Kabupaten Rote Ndao sebagai salah satu DOB yang dievaluasi kembali oleh Depdagri bukan berarti pemerintah di kabupaten RoNda gagal menjalankan pemerintahan namun hal itu dikarenakan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dinilai belum optimal oleh pemerintah Pusat melalui Departemen dalam Negri.

Untuk menentukan apakah DOB itu berjalan sesuao dengan harapan atau tidak, Depdagri memasang beberapa kriteria diantaranya apakah akses pelayanan publik dari Kabupaten baru tersebut optimal atau tidak. Demikian juga dengan penggunaan anggaran oleh pemerintah apakan sudah dimanfaatkan secara optimal atau justru banyak anggaran yang dipergunakan tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Kalau sudah berjalan antara 5 hingga 10 tahun tetapi tetap bergantung pada potensi-Potensi dari luar sedangkan potensi daerah sendiri tdak diberdayakan maka daerah tersebut bisa dikatakan gagal,” Ungkap Farry.

Ia mengaku, pihaknya selaku legislatif yang berada di Pusat selalu berusaha mendorong Kabupaten-kabupaten baru dengan memperhatikan infrastruktur kususnya pembangunan Pelabuhan agar akses barang dari dan ke Kabupaten Rote Ndao bisa lebih mudah. Selain itu, pihaknya terus berupaya untuk mendorong pembangunan embung di daerah ini agar kebutuhan masyarakat akan air bisa terwujud.

Ketika ditanya apakah semua DOB dievaluasi oleh Depdagri, Farry mengatakan untuk NTT dari sekian banyak Daerah Otonomi baru semuanya masuk dalam kategori dievaluasi ulang. (to,o)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60