Kabupaten Kupang Jadi Laboratorium Inovasi Di Kawasan Indonesia Timur

  • Whatsapp
Share Button

KUPANG – Kabupaten Kupang telah ditetapkan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia sebagai Kabupaten Laboratorium Inovasi pertama di kawasan Indonesia Timur. Bupati Kupang, Ayub Titu Eki kepada wartawan usai pembukaan sidang II di gedung DPRD Kabupaten Kupang, Selasa (26/4/2016) mengatakan, bulan Maret lalu Kepala LAN RI, Ady Suryanto telah menandatangani MoU dengan Bupati Kupang terkait ditunjukkannya wilayah tersebut sebagai Laboratorium inovasi.

“Maret Kepala LAN sendiri datang, kami tanda tangan MoU dan Kabupaten Kupang telah dijadikan Kabupaten pertama di Indonesia Timur sebagai laboratorium Inovasi,” jelas Titu Eki.

Kabupaten Kupang sebagai laboratorium inovasi, kata Titu Eki, berarti di Kabupaten Kupang harus ada banyak pembaharuan dan perubahan. Inovasi sama dengan terobosan dan itu artinya harus keluar dari lingkaran kebiasaan yang selama ini telah dilakukan.
Titu Eki mengatakan, setiap pimpinan SKPD di Kabupaten Kupang harus melihat apa yang bisa dilakukan sebagai sebuah terobosan walaupun mengandung resiko. Jika tidak maka akan tetap tertinggal karena itu diperlukan langkah berani dalam melakukan terobosan.

“Harus ada banyak sekali gerakan pembaharuan, perubahan-perubahan . Dengan ditetapkannya Kabupaten Kupang sebagai laboratorium inovasi maka yang kita harapkan adalah semua pimpinan SKPD itu harus melihat apa yang harus dilakukan sebagai terobosan-terobosan. Inovasi itu sama dengan terobosan,” jelas Titu Eki lagi.

Titu Eki menambahkan, visi Kabupaten Kupang adalah menjadi Kabupaten unggul. Unggul artinya mengalami suatu perubahan drastis sesuai tupoksi masing-masing SKPD. Setiap SKPD ada anggaran besar yang memfasilitasi aktifitas dan kegiatan untuk melakukan berbagai perubahan.

“Kita tahu setiap langkah berani melakukan terobosan mengandung resiko tapi harus siap tanggung resiko itu. Terobosan itu berarti kita melangkah di dalam suatu langkah baru untuk keluar dari ketertinggalan. Semua pimpinan SKPD diharapkan bergerak karena visi kita adalah menjadi Kabupaten unggul. Unggul artinya mengalami suatu perubahan drastic sesuai dengan tupoksi masing-masing SKPD karena disetiap SKPD itu ada anggaran besar. Anggaran itu memfasilitasi aktifitas dan kegiatan untuk melakukan perubahan-perubahan,” tambahnya.  (sho)

Komentar Anda?

Related posts