Jumlah Keluarga Miskin di Kota Kupang Meningkat

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kota kupang pada tahun 2017 meningkat. Hal ini bisa dilihat dari bertambahnya jumlah penerima penyaluran bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk tahun 2017 ada penambahan 3o18 KSM di Kota Kupang.

“Jumlah penerima bantuan sosial PKH sesuai data tahun 2016 sebanyak 2.902 KSM dan setelah dilakukan validasi bertambah sebanyak 3.o18 KSM, sehingga total secara keseluruhan penerima manfaat PKH sebanyak 6.020 KSM,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral yang didampingi Kepala bidang perindungan dan jaminan sosial Robet Rihi Kana kepada wartawan di kantornya, Jumat (27/1/2017).

Amaral mengatakan, sesuai rencana penerima manfaat PKH ini akan dilakukan pada Selasa 31 Januari 2017,dilakukan di balai Kota dengan dihadiri secara langsung oleh pejabat dari Kementerian Sosial . “Rencana penyaluran ini baru informasi melalui telpon, sementara untuk surat resmi dari kementerian sosial belum kami terima,” kata Amaral.

Amaral mengaku, dalam penyaluran penerima manfaat PKH ini sangat bervariasi, yakni untuk SD sebesar Rp.450.000 dan SMP sebesar Rp.750.000 serta SMA sebesar Rp.1.000.000.Sementara untuk ibu hamil sebesar Rp.1.200.000. “Penerima PKH ini tersebar di 51 kelurahan yang ada di enam kecamatan,”ujar Amaral.

Menurut Amaral, penerima PKH ini paling banyak ada di Kecamatan Maulafa 834 KSM disusul Kecamatan Oebobo, Kecamatan Kota Raja, Kecamatan Kelapa Lima, Kecamatan Alak, dan yang terakhir Kecamatan Kota Lama.

Kepala bidang perindungan dan jaminan sosial Robert Rihi Kana, mengatakan,jumlah penerima PKH Kebijakannya pusat, karena dalam pendataan dari BPS.Sehingga penambahan ini sudah dari tahun 2016 . “Penambahan penerima PKH ada tambahan 3 ribu lebih KSM,”ujar Robert.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Related posts