Jasa Raharja NTT Pastikan Jaminan Bagi Korban Kapal Tenggelam di Labuan Bajo

  • Whatsapp
Share Button

Labuan Bajo, seputar-ntt.com – Kapal wisata KM. Tiana Liveboard tenggelam di perairan dalam wilayah Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (28/6/2022) pagi. Akibat peristiwa itu 2 (dua) wisatawan penumpang kapal meninggal dunia dan 1 (satu) orang mengalami luka-luka.

Jasa Raharja Nusa Tenggara Timur, melalui Penanggung Jawab Jasa Raharja Manggarai Barat, Mikael Sihaloho merespon cepat peristiwa tersebut dengan langsung melakukan pendataan dan memberikan kepastian jaminan bagi korban kecelakaan kapal tersebut.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang NTT, Muhammad Hidayat mengakui, korban Eventus Lesi alami kecelakaan pada Sabtu (4/6/2022) lalu sekira Pukul 22.10 WITA di jalan provinsi KM 21 Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kaltim, saat mengendarai motor.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang NTT, Muhammad Hidayat dalam siaran persnya, Selasa (28/06) mengatakan bahwa semua korban kecelakaan Kapal Wisat Phinisi Tiana Liveboard dijamin Jasa Raharja. Santunan ini sesuai dengan ketentuan Program Perlindungan Dasar Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum, Dimana Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap dan penggantian biaya rawatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan angkutan umum dan status kapal tersebut masuk dalam perlindungan Jasa raharja.

Santunan tersebut berasal dari Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) yang dibayarkan penumpang bersamaan saat membayar ongkos angkut/tiket.

“Dengan sistem pelayanan santunan Jasa Raharja yang sudah terintegrasi secara digital dengan Rumah Sakit, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri maka proses penuntasan dokumen santunan dan penyerahan santunan akan lebih mudah dan cepat. Untuk saat ini petugas Jasa raharja telah melakukan kunjungan dan proses pemberkasan dalam pengurusan,” jelas Muhammad Hidayat.

“Santunan ini sebagai manifestasi negara hadir dalam setiap kondisi kehidupan masyarakat dan diharapkan akan dapat meringankan beban bagi keluarga kobran, serta sebagai bentuk komitmen Negara melalui Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dimanapun di seluruh wilayah Indonesia,” tutup Muhammad Hidayat.(*)

Komentar Anda?

Related posts