Jalan Putus, Desa Di Amfoang Terisolasi

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah NTT beberapa hari belakangan ini telah menyebabkan rumah warga dan fasilitas umum banyak yang rusak. Di Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang, longsor terjadi di Desa Leloboko menyebabkan sarana jalan dari dan menuju Desa Oelbanu sepanjang 10 meter terputus sehingga mengakibatkan sarana trasportasi ke wilayah tersebut menjadi terganggu.

Sekretaris Camat Amfoang Selatan, Paulus Ganat kepada wartawan, Selasa (4/2/14) menjelaskan, topografi wilayah Kecamatan Amfoang Selatan yang bertebing curam sangat rawan tertimpa bencana tanah longsor saat musim penghujan seperti sekarang ini.

“Di Desa Leloboko terjadi tanah longsor sehingga menyebabkan sarana jalan dari dan menuju Desa Oelbanu rusak sepanjang 10 meter dan terputus sehingga trasportasi menjadi terganggu,” kata Ganat di kantornya.

Dikatakan, kondisi jalan yang putus tidak dapat dibiarkan berlarut-larut karena sangat menganggu aktifitas dan perekonmian masyarakat setempat. Karena itu Ganat berharap Pemerintah Kabupaten Kupang bisa seceaptnya membantu masyarakat setempat dengan menyalurkan bantuan berupa Bronjong agar sarana jalan tersebut bisa diperbaiki.

Terputusnya sarana jalan dari dan menuju Lelogama diakui Ganat telah menyebabkan  masyarakat Desa Oelbanu yang melakukan berbagai aktifitas diluar dari desa mereka terpaksa harus berjalan kaki agar bisa keluar dan masuk ke desanya.

Pemerintah Kecamatan Amfoang Selatan dan masyarakat setempat, sebut Ganat, telah berupaya memperbaiki sarana jalan yang rusak tersebut. Tetapi akibat parahnya kerusakan sarana jalan tersebut ditambah curah hujan yang cukup tinggi telah menyebabkan usaha perbaikan jalan itu menjadi tidak maksimal sehingga kondisi jalan tetap saja rusak.

Gnat mengatakan, selain jalan rusak di Desa Leloboko, masyarakat Kecamatan Amfoang Selatan sendiri berharap jalan Ampupu yang merupakan ruas jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Amfoang Selatan dengan Kecamatan Takari dan yang merupakan akses utama menuju pusat Pemerintahan Kabupaten Kupang di Oelamasi juga bisa diperbaiki.

“Tahun 2012 lalu ruas jalan Ampupu sudah diperbaiki namun hanya di daerah bok 10 sehingga diharapkan melalui Musrembang tahun 2014 ini, jalan Ampupu bisa mendapat perhatian sehingga dapat diperbaiki seluruhnya,” ungkap Ganat. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60