Implementasi CSR Melalui Program Donor Darah Saat Rayakan HUT PMI Ke-75

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com — Aston Kupang Hotel & Convention Center bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang kembali menggelar kegiatan donor darah, setelah vakum selama beberapa bulan terkait adanya pandemi. Sebelumnya rutin melaksanakan selama 3 kali dalam setahun.

Kegiatan donor darah kali ini diselenggarakan dalam rangka HUT PMI ke 75 Tahun tepat pada Kamis (17/9/2020), sebagai wujud program sosial kemanusiaan yang dilaksanakan di Regal Conference 1 – 3, Aston Kupang Hotel & Convention Center lantai 3, mulai pukul 09:00 – 13:00 WITA.

Menurut Deddy S. Thalib selaku General Manager Aston Kupang Hotel & Convention Center, target yang ingin dicapai kali ini adalah sebanyak 100 labu darah, dengan telah menyebar undangan ke 38 Instansi di seluruh Kota Kupang.

Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 73 labu darah. Dimana jumlah partisipan awal yang mendaftar sebanyak 105 orang, namun yang berhasil lolos sebagai pendonor hanya sejumlah 73 orang. 73 pendonor yang lolos sesuai SOP ini menghasilkan golongan darah A sebanyak 19 kantong, golongan darah B sebanyak 7 kantong, golongan darah AB sebanyak 23 kantong dan golongan darah O sebanyak 24 kantong.

“Alhamdulillah, Puji Syukur kepada Tuhan kegiatan donor darah kali ini responnya amat luar biasa. Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan untuk TNI, POLRI, POLDA, BUMN, BUMD dan seluruh perusahaan-perusahaan swasta lainnya, yang telah merespon baik undangan kami dengan mengirimkan partisipan donor. Saya juga menyarankan untuk instansi swasta lain rutin dalam melakukan kegiatan sosial kemanusiaan seperti ini. Selain baik bagi kesehatan diri, juga turut menolong sesama.” ujar Deddy Thalib.

Imbas Pandemi, stok darah di PMI menurun

Menurut info dari pihak PMI, semenjak isu pandemi merebak dan masyarakat dihimbau untuk menghindari kerumunan, stok darah di PMI hampir di seluruh Indonesia menurun.
Untuk itu, pihak PMI mengajak masyarakat agar kembali mau mendonorkan darahnya di tengah situasi persebaran virus corona ini. Karena di tengah situasi seperti ini lebih banyak sesama yang perlu uluran bantuan salah satunya dalam bentuk donor darah. Bahkan PMI juga telah melakukan berbagai upaya sehingga proses donor darah tetap aman dan terhindar dari penularan.

Terapkan protokol kesehatan

Karena masih maraknya isu pandemi tidak terkecuali di Kota Kupang, pada kegiatan donor darah kali ini, seluruh partisipan hingga pihak Hotel menerapkan protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh saat partisipan dan pihak PMI memasuki lingkungan Hotel, wajib mencuci tangan, sterilisasi alat dan fasilitas donor, selalu menggunakan hand sanitizer dan masker saat proses donor bagi seluruh individu tanpa terkecuali, mengganti penggunaan absensi tulis dengan sistem scan barcode melalui smartphone, hingga coffee break yang dilayani secara khusus sehingga mengurangi resiko penularan melalui penggunaan alat makan secara bergantian. (*/ira)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60