Hendak Ke Australia, Sukhoi Paksa Turun Pesawat Arab Saudi di Kupang

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang seputar-ntt.com – Pesawat asal Arab Saudi yang hendak menuju Australia dan melintas tanpa ijin diwilayah udara Indonesia dipaksa turun oleh pesawat sukhoi. Dua pesawat sukhoi dari pangkalan Makasar, Sulawesi Selatan, memaksa turun pesawat asal Arab Saudi di pangkalan angkatan udara El Tari Adi Sucipto Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, (3/11/2014) sekitar pukul 14.27 Wita.

“Mereka dipaksa turun, karena tak miliki ijin terbang antarnegara,” kata Komandan Pangkalan Udara El Tari Kupang, Kolonel Penerbang Andi Wijaya. Pesawat jenis Gulvstream dengan pilot Waleed Abdul Azis hendak menuju Australia dari Singapura dengan mengangkut 13 penumpang, termasuk enam orang kru dan pilot.

Pesawat ini dipaksa turun oleh dua pesawat Shukoi jenis SU30 dari Makasar yang melakukan pengejaran pesawat asal Arab Saudi itu. Tujuh orang penumpang pesawat tersebut diketahui berasal dari pemerintah Arab Saudi.

Pesawat tersebut dipaksa turun, karena melintasi wilayah Indonesia tanpa ijin. Pesawat HZ 103 sempat dua hari di Singapura, sebelum melakukan penerbangan menuju Australia. Belum diketahui pasti misi pesawat tersebut ke Australia. (van)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60