Gendang Revitalisir Kemenpenbud di Manggarai Segera Diresmikan

  • Whatsapp
Share Button

Ruteng, seputar-ntt.com. Kelapa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai, Valens Sene, S.Pd, didatangi oleh lima Tetua Gendang, Selasa (19/4/2016) di ruang kerjanya terkait rencana peresmian lima Gendang yang direvitalisir oleh Kementerian Pendidikan enbuddan Kebudayaan melalui Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Kadispar Manggarai, Valens Sene, S.Pd, Lembaga Adat yang datang rapat persiapan peresmian, 28 April 2016, Lembaga Adat Compang Cibal, Beo Ruteng, Compang Carep, Compang Tuke, Cumpe. Menurutnya, secara simbolis akan dilakukan di Gendang Carep.

Bantuan revitalisasi rumah adat tersebut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Terhadap Tuhan Yang Mahaesa dan Tradisi. “Untuk lima Gendang jumlah 2 miliar lebih hampir 3 miliar. Tahun 2015 ada 5 rumah adat, sebelumnya ada dua di Wae Rebo dan Todo. Tahun 2016 ada rencana untuk bangun lagi dan saya sudah pulang dari Jakarta. Sementara, Wae Rebo dan Todo jumlah dananya sebesar 1 miliar rupiah. Permintaan proposal untuk tahun 2016 ada 20, targetnya di atas lima”, kata Sene.

Sementara, 23 April 2016 akan menggelar congko lokap di Gendang Tuke. “Ini bisa diharapkan mampu mempromosikan wisata ritus budaya Manggarai”, demikian. (MP)

Komentar Anda?

Related posts