Gaji Guru Honor Disesuaikan UMR

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Pemerintah Kota  (Pemkot) Kupang berencana akan menaikan gaji para guru honor sesuai Upah Minimum Regional (UMR). Pasalnya jika menggunakan dana Biaya Operasional sekolah (BOS) dengan hitungan jam mengajar, maka gaji honor akan terlampau kecil.

“kalau gaji honorer dibayar menggunakan dana BOS itu terlalu kecil, karena dibayar sesuai jam mengajar. Untuk biaya transportasi saja itu tidak cukup, apalagi untuk biaya hidup,” kata Walikota Kupang, Jonas Salean, SH, kepada wartawan di Kupang ,Selasa (5/5/2015).

Menurutnya, sesuai pengakuan para guru honor  gaji mereka dibayar sesuai jam mengajar yang besaranya sekitar Rp.7.500-Rp.10.000 per jam dan dalam seminggu mereka hanya bisa mengajar 6-7 jam. Untuk itu, Pemerintah kota akan membicarakan persoalan ini dengan DPRD Kota Kupang khususnya dengan Komisi 4 yang menangani bidang pendidikan.

“Nanti kita bicara dengan dewan agar honorer komite kita beri dana hibah atau kita angkat dengan SK Walikota agar kita bisa beri honor sesuai UMR. Kita tidak bisa tutup mata bahwa gaji guru honor terlalu kecil, apalagi kalau nona-nona habis untuk beli mike up,”kata Jonas Salean.(riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60