Ertiga, Mobil Favorit Keluarga di Kota Kupang

  • Whatsapp
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com–Sejak pertama kali mengaspal pada tahun 2012, Suzuki Ertiga telah menjadi favorit keluarga NTT, khususnya Kota Kupang. Untuk itu terus dilakukan inovasi untuk selalu menghadirkan kenyamanan bagi keluarga saat berkendara.

Hal ini dikatakan General Manager PT. Surya Batara Mahkota (SBM) Kupang, Freddy Prijatna saat jumpa pers di Lippo Plaza sebelum dilaksanakan launching produk All New Ertiga, Sabtu (26/5/2018) malam.

“Walaupun tahun 2016 ke tahun 2017 produk Ertiga tidak mengalami peningkatan yang signifikan, tapi tetap menjadi favorit keluarga,” jelas Freddy Prijatna.

Tapi secara keseluruhan, kata Freddy Prijatna, pasar penjualan mobil di NTT produk Suzuki mengalami peningkatan cukup signifikan pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016, dari 3.567 Unit menjadi 4.411 Unit atau naik 23 Persen.

Diakui Freddy Prijatna, penjualan Ertiga didongkrak oleh penjualan pada Plat Merah, terutama Pemerintah Kota Kupang yang memberikan banyak kontribusi pembelian mobil.

“Tapi kami sangat optimis, All New Ertiga dapat merebut pasar di kelompok ini dengan beberapa fitur yang cukup baik, dan kehadirannya mobil ini sangat membantu sekali memenuhi semua keinginan calon pelanggan, karena kita konsen dengan kepuasan dan kenyaman pelanggan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Freddy Prijatna, Tahun 2018 ini ditargetkan pasar meningkat sekitar 10-15 Persen, Suzuki mengambil posisi 35 Persen atau kira-kira sekitar 20 unit/bulan bisa pasarkan di wilayah NTT.

“Hampir 90 Persen penjualan ada di Kota Kupang, belum sampai ke kabupaten-kabupaten, kemungkinan ada sampai di SoE, Atambua atau Ende, tapi belum signifikan seperti penjualan di Kota Kupang,” tandas Freddy Prijatna.

Sebelumnya, Head of Brand Developmen PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengatakan,
All New Ertiga ini adalah produk Seven Seater yang sudah dikembangkan dari produk terdahulunya yang diluncurkan pada bulan April 2012, sedangkan All New Ertiga peluncuran ini sudah dilakukan sejak 19 April 2018 di Jakarta.

“Produk All new Ertiga ini mampu mengakomodir tujuh penumpang secara penuh, dari kendaraan ini kami kembangkan dan juga buatkan dengan konsep turunan,”
Tegas Harold Donnel.

Secara dimensi, ujar Harold Donnel, mengusung dimensi terbaru lebih panjang 130 mm, lebih lebar 40 mm dan lebih tinggi 5 mm. Namun dengan dimensi yang berkembang seperti ini, keunikan All New Ertiga bobotnya lebih ringan kurang lebih 50 kg, karena menggunakan platfor baru yang dinamakan Platform Heartect, dimana bisa memberikan daya yang lebih baik namun dengan bobot kendaraan yang lebih ringan.

“Kami sangat mengharapkan, dengan peluncuran ini bisa memberikan banyak kelebihan, baik dari segi kenyamanan kepuasan lebih maupun kemampuan mengakomodir kebutuhan keluarga yang ada di Kota Kupang,” harap Harold Donnel.

Pada kesempatan yang sama, Branch Manager PT. SBM Theo Pareira mengungkapkan, harga yang ditawarkan selama pameran ini untk All New Ertiga sebesar Rp 202 Juta, atau mendapat ptongan sebesar Rp 20 Juta.

“Harga ini sudah disetting dengan batasan waktu selama masa pameran, setelah itu akan kembali normal yakni Rp 222 Juta. Karena All New Ertiga benar-benar produk baru yang beri kenyaman, lebih luas dan lebih tinggi dari produk terdahulunya,” papar Theo Pareira.

Dengan harga Nett Price yang Rp 202 Juta ini, lanjut Theo Pareita, uang muka minimal 20 Persen atau Rp 40 juta, karena itu batas minimal yang diberikan OJK, sehingga semua leasing tidak berani main dibawah itu.

“Kita menganalisa dan memerinci bahwa dengan uang muka 20 Persen, orang yang benar-benar ingin membeli mobil itu tidak akan ragu, karena sudah menyerahkan uang Rp 40 Juta. Kalau dibawah itu kita mengkhawatirkan ada kredit macet,” tegasnya.

Jika sampai terjadi kredit macet, aku Theo Pareira, tentu bukan masalah buat leasing saja, atau SBM sebagai pabrikan tapi juga buat customer, karena uang customer terbuang percuma. (ira)

Komentar Anda?

Related posts