Dishub Kota Kupang Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Pelayaran

  • Whatsapp

Kupang, seputar-ntt.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan keselamatan bagi masyarakat di sektor pelayaran lingkup wilayah perairan Kota Kupang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kupang melakukan sosialisasi keamanan dan keselamatan angkutan laut dalam wilayah Kota Kupang.

Sosialisasi itu diselenggarakan di Restaurant Suba Suka Paradise, Rabu (25/5/2016) mengahdirkan tiga narasumsumber yakni Dinas Perhubungan Kota Kupang, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia Bakamla, dan  Jasa Raharja.

Ketua pelaksana kegiatan sosialisasi Dinas Perhubungan Kota Kupang, Paulus Foenale mengatakan, sosialisasi pelayanan keselamatan palayaran ini dilakukan dengan tujuan agar pelayanan kapal GT. Tujuh kebawah, atau kapal yang panjangnya tidak lebih dari 20 Meter yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Kupang karena pemilik kapal dan awak kapalnya berdomisili di Kota Kupang, bisa lebih meningkatkan pelayanan mereka terhadap masyarakat.

Selain itu, kata Foenale, sosialisasi ini juga dilakukan sehubungan dengan rencana penertiban Surat Tanda Kebangsaan Kapal, atau biasa disebut Pas Kecil, dan Sertifikat Kesempurnaan oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang terhadap para pengusaha ataupun pemilik kapal. Hal tersebut dinilai perlu dilakukan, karena kedua surat tersebut merupakan yang wajib dimiliki oleh pemilik kapal, layaknya BPKB dan STNK pada kendaraan bermotor.

Foenale menjelaskan, selama ini pemahaman masyarakat, pengusaha dan pemilik kapal akan regulasi yang menjadi dasar kewenangan otonomi Pemerintah Kota Kupang khususnya kewenangan SKPD Dinas Perhubungan Bidang Laut dan Udara dalam hal Penerbitan Ijin Pengoperasian Perusahaan Pelayaran, Penerbitan Ijin Kapal, Ijin Pembangunan Kapal, dan Tambat Labuh Kapal, masih sangat minim. Sehingga diharapkan, dengan adanya sosialisasi yang dilakukan, maka masyarakat, pengusaha dan pemilik kapal dapat lebih memahami kewajiban mereka, agar pelayanan yang mereka berikan juga menjadi semakin meningkat.

Sementara itu Walikota Kupang, Jonas Salean dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kota Kupang, Jamal Mila Meha mengatakan, menyambut baik langkah Dinas Perhubungan Kota Kupang yang telah mau mengsosialisasikan tentang pentingnya peningkatan pelayanan keselamatan bagi masyarakat di sektor pelayaran lingkup wilayah perairan Kota Kupang. Karena selain hal tersebut memang dibutuhkan, sosialisasi itu juga bisa meningkatkan pemahaman masyarakat, pengusaha dan pemilik kapal akan regulasi yang menjadi dasar kewenangan otonomi Pemerintah Kota Kupang.

Dia mengaku, Kota Kupang memang perlu berbagai upaya untuk menciptakan tertib labuh, tertib bongkar muat, dan aman berlayar bagi seluruh kapal yang menggunakan di wilayah laut Kota Kupang. Hal itu bertujuan agar agen perusahaan pelayaran dapat lebih disiplin dan tertib sehingga keselamatan pelayaran bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya.

“Untuk mendukung peningkatan pelayanan pelayaran di perairan Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti PT Pelindo, Bea dan Cukai agar bisa bersama-sama memaksimalkan pelayanan palayaran di wilayah perairan Kota Kupang,” katanya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Related posts