Dinkes Kota Awasi Depot Air Minum Isi Ulang

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan akan melakukan pengawasan terhadap depot air minum isi ulang yang berada di wilayah Kota Kupang. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan kelayakan air minum yang dikomsumsi warga.

“Air minum merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat sehingga kita perlu melakukan pengawasan terhadap air minum isi ulang yang tersebar di kota,” Ary Wijana kepada wartawan di kantor DPRD, Jumat (10/7/2015).

Ari Wijana mengatakan, pengawasan yang dilakukan oleh Dinkes Kota sebagai langkah antisipasti terhadap penyebaran penyakit diare yang cenderung terjadi ketika musim kemarau tiba. Sebagai SKPD yang bertanggungjawab terhadap kesehatan masyarakat kota maka Dinkes harus memastikan apakah air isi ulang yang dikomsumsi layak atau tidak untuk kesehatan.

“Diare itu paling cepat menyebar lewat air minum sehingga kita harus benar-benar memastikan apakah air minum yang dikomsumsi terbebas dari kuman dan bakteri. Kita tahu bahwa air minum meruapakan kebutuhan dasar manusia,” kata Ari.

Dlama pengawasan nanti kata Ari Wijana, pihaknya tidak memeriksa semua depot air minum, tapi hanya mengambil sampel dari sekian banyak depot yang berperasi di Kota Kupang. Pengawasan terhadap air minum ini telah dilakukan oleh Dinkes kita sejak bulan Juni lalu.

“Bulan lalu kita lakukan pemeriksaan dan masih layak dengan skor 600-700. Bulan ini kita kembali mengambil sampel ditempat yang berbeda untuk mastikan kelayakan air yang dikomsumsi oleh warga kota,” tambahnya.

Ketua Komisi IV DPRD, Livingston Ratu Kadja mengatakan, pengawasan terhadap depot air minum yang dilakukan oleh Dinkes merupakan langkah yang baik untuk mengetahui kelayakan air terhadap kesehatan warga. “Harus dipastikan apakah peralatan yang dipakai oleh depot tersebut benar-benar higenis atau tidak,” katanya. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60