Desa Hoder Rekrut Perangkat Desa Lewat Ujian Tertulis dan Tes Penguasaan Komputer

  • Whatsapp
Share Button

Maumere, seputar-ntt.com – Pemerintah Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, melalui Panitia Seleksi Perangkat Desa Hoder menggelar seleksi perangkat desa di Aula Taman Kanak – Kanak Wairita Desa Hoder Kecamatan Waigete, Kamis (27/01/2017) pagi.

Materi ujian yang diberikan oleh tim penguji berupa ujian tertulis dan tes penguasaan komputer. Selain kedua ujian tersebut masih ada seleksi untuk keterampilan teknik fasilitasi. Proses perekrutan perangkat desa  ini  cukup mendapat tanggapan positif dari orang-orang muda di Desa Hoder. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti seleksi tersebut sebanyak 17 orang.

Ketua Tim Seleksi, Laurensius Paskalis Laro, menjelaskan bahwa proses rekrutmen perangkat desa yang dilakukan di Desa Hoder untuk mengisi beberapa posisi penting yang masih lowong di Desa Hoder. Menurutnya, seleksi ini dilakukan untuk mencari perangkat desa yang memiliki kompetensi untuk membantu baik itu pemerintah desa, Kecamatan maupun pemerintah Kabupaten melayani masyarakat secara optimal.

“Untuk calon Kepala Dusun ada  3 orang sudah melamar. Lalu untuk Sekretaris Desa ada 2 orang peserta. Sedangkan untuk formasi 3 kaur masing – masing ada 2 orang peserta, dan untuk formasi 3 seksi yakni seksi pemerintahan, kesejahteraan dan pelayanan, masing masing diikuti oleh 2 orang peserta seleksi,” terang Laurensius.

Laurensius menegaskan bahwa setiap peserta wajib untuk mengikuti seluruh rangkaian ujian yang sudah disiapkan oleh tim seleksi, karena itu, Laurensius mengharapkan agar setiap peserta dapat mengikuti seluruh tahapan seleksi secara fair dan mematuhi semua aturan yang sudah dibuat.

“Tim seleksi sudah menyiapkan soal-soal yang berhubungan dengan UUD tahun 1945, Pancasila, serta Pemerintah­an Daerah dan Manajemen Pemerintahan Desa. Oleh karena itu mari masing-masing kita berkompetensi secara sehat,” papar Laurensius.

Laurensius juga menyampaikan apresiasi bagi orang-orang muda di Desa Hoder yang sudah mau mengambil bagian dalam proses seleksi perangkat desa tersebut karena menurutnya zaman sekarang banyak orang muda yang tidak tertarik untuk mengikuti hal-hal yang berhubungan dengan banyak orang.

“Saya berterima kasih kepada kita semua yang sudah mau daftar sebagai calon perangkat desa. Memang awalnya saat pendaftaran dibuka pada tanggal 26 Desember 2016 hingga tanggal 4 Januari lalu, kuota peserta belum memenuhi karena belum banyak yang mendaftar. Tetapi saya senang karena ketika pendaftaran diperpanjang banyak orang yang mau mendaftar. Semoga dengan niat baik kita ini, masyarakat di Desa Hoder bisa dilayani dengan baik,” sambung Laurensius.

Senada dengan Laurensius, Camat Waigete, Manyela Da Cunha, ketika memberikan sambutan mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi kaum muda yang mau mengambil bagian dalam seleksi perangkat Desa Hoder.

Camat Manyelaberharap agar para peserta dapat mengikuti setiap tahapan seleksi secara serius sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan.

“Saya berharap agar melalui proses seleksi atau rekrutmen calon perangkat Desa Hoder ini akan lahir calon calon perangkat desa yang benar benar siap melaksanakan tugas di tingkat desa dan melayani masyarakat Desa Hoder dengan tulus,” kata Camat Manyela.(chs)

 

Komentar Anda?

Related posts