Cekdump Merdeka Penuh, Warga Sekitar Diminta Waspada

  • Whatsapp
salah satu embung di Kupang
Share Button

OELAMASI –  Cekdum Merdeka yang berada di kelurahan Merdeka Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang yang pada musim penghujan kali ini mengalami peluapan air dan mengakibatkan banjir di wilayah Bau-bau. Dengan kondisi tersebut warga Sekitar diminta waspada jika tanggul Cekdump jebol.

Sekda Kabupaten Kupang, Drs. Hendrik Paut bersama Kaban BPBD Kabupaten Kupang, Drs. Jeremias Manoe dan Kabid Dinas PU, Don Charlos,Rabu 22 Januari 2014, langsung melakukan peninjauan ke Cekdum Merdeka yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi NTT tahun 1990-an itu.

Hasil pemantauan kemarin, kondisi cekdum penuh dengan luapan air akibat hujan besar yang terjadi selama ini. Hujan telah menyebabkan banjir besar disekitar kelurahan Merdeka tepat disamping kantor Camat Kupang Timur yang masuk kepemukiman warga dan menggenangi jalan Timor Raya.

Melihat kondisi Sekda Hendrik Paut memerintahkan tim dari BPBD dan SKPD terkait lainnya agar terus bersiaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam kesempatan itu, Hendri Paut menegaskan, perlu ada tindakan khusus darurat menangani meluapnya chekdum ini karena sangat membahayakan keselamatan warga.

“Penebalan dinding tanggul harus dikerjakan secara intensif mengantisipasi turunnya hujan besar yang menyebabkan cekdump meluap dan menimbulkan banjir besar,” pintanya.

Sehari sebelumnya, Hendrik Paut, telah melakukan rapat khusus terkait antisipasi bencana yang rentan terjadi pada musim penghujan ini. Pada kesempatan tersebut dia menghimbau kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang mungkin saja dapat terjadi tanpa diduga.

“Saya minta tim teknis di Kabupaten Kupang untuk bersiaga penuh dalam antisipasi banjir, longsor dimusim hujan saat ini agar tidak menimbulkan korban jiwa,”tandas Paut.(sho)

Komentar Anda?

Related posts