Cegah Kebakaran, Lapas Kelas IIB Kalabahi Lakukan Pengecekan Kelistrikan dan Penggeledahan

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Untuk mencegah kebakaran seperti peristiwa yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang beberapa hari lalu, Lapas Kelas IIB Kalabahi Kabupaten Alor melakukan penggeledahan rutin serta pengecekan instalasi kelistrikan, tabung gas, kompor ataupun karena huru-hara warga binaan pemasyarakatan.

Menurut Kalapas, Effendi Yulianto, Bc.IP,S.Sos, musibah kebakaran merupakan ancaman nyata yang harus menjadi perhatian setiap unit pelaksana teknis pemasyarakatan di seluruh Indonesia, khususnya di Lapas Kalabahi.

“Untuk itu maka diperlukan deteksi sedini mungkin dari kita untuk mencegah terjadinya kebakaran disetiap blok hunian. Saya minta untuk selalu mengecek dan memperhatikan hal tersebut agar musibah yang sama tidak terjadi di Lapas Kalabahi,” tegas Effendi, Kamis, 9/9/2021 pagi.

Menanggapi hal tersebut, petugas lapas dibawah komando KPLP, Saverinus Rengi, SH dan Kasi Kamtib, Manan Sama, SH bersama anggota langsung melakukan penggeledahan dan pemantauan langsung instalasi listrik yang ada di blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tempat yang dicurigai dapat menyebabkan korslet.

Langkah ini perlu agar apa yang tidak diinginkan dapat dihindari. Selain itu, petugas dan WBP dapat bekerja sama untuk selalu memperhatikan penggunaan listrik dan memperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan musibah kebakaran, terutama yang berhubungan dengan listrik dan api.

Sementara dalam penggeledahan di kamar hunian, ditemukan beberapa barang yang kemudian disita petugas diantaranya, paku, pemantik gas, kartu remi, sendok besi, pinset, botol kaca dan silet.

Barang hasil razia tersebut kemudian dilakukan inventarisir dan di data kemudian dimusnahkan. (*Pepenk).

Komentar Anda?

Related posts