Camat Abal : Kemerdekaan Bukan Akhir Perjalanan Panjang, Tapi Awal Dari Sebuah Peradaban Baru

  • Whatsapp
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Kecamatan Alor Barat Laut (Abal) penuh hikmad dan dalam nuansa kesederhanaan, berlangsung di halaman Kantor Kecamatan, Selasa, (17/8/2011) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Camat Abal, Martinus De Porres Djeo, S.IP dan komandan upacara, Danposramil, Serka Rasyid Amir Buy.

Martinus De Porres Djeo dalam amanat upacara menegaskan, kemerdekaan yang kita miliki bukanlah akhir dari perjalanan panjang, tetapi awal dari sebuah peradaban baru.

“Roh kemerdekaan hendaknya terus menguasai jiwa sehingga me
mampu menghasilkan energi postif untuk meraih masa depan bangsa dan daerah ini menjadi lebih baik dan bermartabat,” ungkapnya.

Menurut camat, dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh mengandung makna bahwa bangsa Indonesia tangguh menghadapi berbagai krisis, baik bencana alam, bencana kemanusiaan, bencana sosial sampai pada badai covid-19 yang hingga kini belum berlalu.

“Kita bersyukur karena dianugerahkan Tuhan iman yang kuat serta komitmen solidaritas sosial dan semangat nasionalisme yang tinggi, disertai rasa cinta kasih sesama anak bangsa dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa dengan baik dan selamat,” kata Martinus.

Diusia bangsa yang ke-76, lanjut camat, kita harus terus bergandengan tangan dan saling berbagi membangun daerah ini, mewujudkan Alor yang semakin maju, mandiri, martabat dan memiliki harga bagi geberasi yang akan datang.

“Kita harus optimis bahwa daerah ini mampu sejajar dengan daerah-daerah lain. Jauhi iri hati, perpecahan dan kesombongan karena itu hanya membawa malapetaka bagi daerah ini. Mari kita hidup di tanah adat ini dengan ketulusan, kedamaian, rendah hati dan senantiasa pasrah kepada Tuhan. Niscaya Tuhan akan merahmati karya bakti kita,” sambungnya.

De Porres juga tidak lupa mengajak seluruh elemen untuk mendukung satgas covid-19 guna menekan laju penyebaran wabah ini di Kabupaten Alor.

“Mari kita mendoakan negeri ini dan secara khusus daerah tempat kita lahir dan dibesarkan, yang masih bergelut dengan virus corona agar kita tetap kuat, waspada, bertahan dalam melewati tantangan ini dengan terus berharap pada penyertaan Tuhan yang memberi hidup dan kehidupan,” tandas Martinus De Porres Djeo.

Turut hadir dalam upacara ini, Kapolsek Abal, IPTU Sirajudin Dusu bersama anggota, kepala KUA Abal, Ketua tim penggerak PKK, Para Kepala Desa serta perwakilan tokoh masyarakat. (*Pepenk)

Komentar Anda?

Related posts