Bupati Sikka Tidak Hadir Dalam Sidang Gugatan Wanprestasi

  • Whatsapp

Maumere, seputar-ntt.com – Lanjutan sidang perdata gugatan wanprestasi atau ingkar janji pada proyek pembangunan kantor Dispendukcapil Sikka, Rabu (3/5/2017) siang tanpa dihadiri tergugat I, Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera dan tergugat II, Kepala Dinas Dispendukcapil Sikka, Drs. Ekon. Bernadus Ratu.

Dalam Sidang lanjutan upaya mediasi ini, kedua tergugat diwakili oleh Alfons Prudensius, kuasa hukum dari bagian hukum setda Sikka. Sedangkan tergugat III, yang adalah PPK proyek bangunan Dispendukcapil, Yohanes Laba langsung hadir di ruang persidangan.

Pantauan seputar-ntt.com, sidang yang dipimpin Hakim Ketua, Rahmat Sanjaya, SH. MH, ini tidak berlangsung lama pasalnya usai membuka sidang, Hakim Rahmat langsung meminta kuasa hukum tergugat menunjukkan surat kuasa karena pada persidangan sebelumnya surat kuasa yang disertakan belum lengkap.

Kemudian majelis hakim memutuskan agar kedua belah pihak baik tergugat maupun penggugat diberi waktu 30 hari untuk melakukan mediasi dengan perantara mediator. Majelis hakim juga mengusulkan agar kedua belah pihak dapat menggunakan mediator dari luar pengadilan dan dapat pula menggunakan jasa mediator yang ditunjuk oleh pengadilan.

“Kalau pakai mediator dari luar harus yang bersertifikat dan pastinya ada bayaran sedangkan kalau menggunakan jasa mediator dari pengadilan sudah pasti gratis dan tentunya bersertifikat,” papar hakim Rahmat.

Atas usulan ini, kuasa hukum penggugat, Simon Seto, memilih mediator dari pengadilan sedangkanĀ  tergugat III meminta waktu satu hari untuk berkonsultasi lebih lanjut entah menggunakan mediator dari luar atau dari dalam pengadilan. Sidang kemudian ditutup dengan putusan menunggu hasil mediasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Diberitakan media ini sebelumnya, sidang pertama, (19/4/2017) dan sidang kedua, (26/4/2017) juga tidak dihadiri oleh Bupati Ansar karena ia sudah memberikan kuasa pada kuasa hukumnya yakni bagian hukum setda Sikka.(Chs)

 

Komentar Anda?

Related posts