Bupati Manggarai Diminta Bekukan Proyek PLTA di Cunca Lega

  • Whatsapp
Share Button

Ruteng, seputar-ntt.com – Dianggap mengancam posisi aset wisata air terjun Cunca Lega, para pemerhati pariwisata asal Rahong Utara desak Bupati Manggarai Herybertus G. L Nabit untuk bekukan proyek PLTAM yang sedang berjalan di air terjun Cunca Lega.

Kepada Media ini salah satu pemerhati pariwisata asal Rahong Utara Robertus B. menjelaskan hasil kajian sementaranya soal dampak kehadiran proyek PLTAM di Cunca Lega terhadap aset Wisata air terjun Cunca Lega, sabtu 23/7/2022

Di jelaskanNya, bahwa kehadiran proyek PLTAM di air terjun Cunca Lega itu perlahan merusak keindahan daya tarik dari para wisatawan yang mau masuk di tempat wisata air terjun Cunca Lega. Melihat banyaknya Pohon yang tumbang karena proses pengerjaan proyek itu membuat keindahan disekitar air terjun Cunca Lega sudah mulai digerus.

” Kehadiran proyek PLTAM di air terjun Cunca Lega itu perlahan merusak keindahan daya tarik air terjun Cunca Lega sebagai salah satu aset wisata di Rahong Utara ini. Banyaknya pohon yang tumbang karena pengerjaan proyek itu membuat keindahan disekitar air terjun Cunca Lega sudah mulai digerus ”

Dilanjutkanya, saat proses pengerjaan proyek saja sekarang sudah perlahan keindahan air terjun Cunca Lega mulai rusak. apalagi nanti jika PLTAM mulai operasi, makan bukan tidak mungkin semua kotoran atau limbah perusahaan itu akan mengalir ke air terjun Cunca Lega dan itu akan membuat air nanti terlihat keruh, yang jelas itu nantinya juga akan membuat hilangnya daya tarik dari air terjun Cunca Lega.

” Masih dalam tahap pengerjaan saja sekarang sudah perlahan keindahan air terjun Cunca Lega mulai rusak. apalagi kalau nanti PLAM nya mulai operasi. Bukan tidak mungkin kotoran atau limbah perusahaan nanti mengalir ke air terjun Cunc Lega, dan itu nanti akan membuat air terjun Cunca Lega terlihat Keruh. Yang jelas itu nantinya juga akan membuat hilangnya daya tarik dari air terjun Cunca Lega ”

Dari hasil pemikiran ini, sehingga Kami mendesak PEMDA Manggarai, dalam hal ini Bupati Manggarai untuk segera bekukan proyek PLTAM Cumca Lega.

Kepala desa Tengu Lese yang merupakan desa Pariwisata di Rahong Utara ini juga harusnya tidak boleh tinggal diam melihat aktivitas yang sedang berjalan di sekitaran air terjun Cunca Lega. TutupNya. (*)

Komentar Anda?

Related posts