BPS Survey Potensi Desa Di Kabupaten Kupang

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kupang dalam tahun 2014 menyelenggarakan sejumlah kegiatan penelitian statistik diantaranya Sensus Pertanian lanjutan dan Survey Potensi Desa.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang Adhy H. Manafe di Kantornya, Rabu (2/4/2014) menjelaskan, survey potensi Desa di Kabupaten Kupang akan dilakukan mulai tanggal 1 sampai 20 April mendatang dengan objek seluruh Desa di Kabupaten Kupang. Sedangkan sensus pertanian lanjutan akan dilakukan pada bulan Mei-Juli tahun ini juga.

Menurut Adhy, salah satu tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mendapatkan data statistik terkait dengan potensi desa dan pertanian yang lengkap dan akurat. Data yang diperoleh nanti akan menjadi rujukan bagi Pemerintah dalam melaksanakan berbagai programnya ditengah masyarakat.

Selain itu, kata Adhy,  hasil dari Sensus yang dilakukan oleh BPS ini juga dapat dipakai seluruh elemen masyarakat seperti LSM, Perusahaan, dan organisasi lainnya yang sering disebut sebagai konsumen data dalam menentukan suatu kebijakan.

“Aspek yang diteliti meliputi kondisi ekonomi, sosial, kesehatan, sarana kehidupan masyarakat sehingga hasil yang didapatkan bisa dipertanggung jawabkan,” papar Adhy. Dijelaskan, BPS memiliki tugas pokok yang wajib dilaksanakan yaitu satistik dasar, dimana kegiatan ini mengharuskan petugas BPS langsung turun ke lapangan dan melaksanakan penelitian seperti sensus, survey dan sebagainya.

“Yang kita laksanakan ialah mengambil data dari instansi terkait melalui statistik sektoral, dan statistik khusus yang dilaksanakan berdasarkan permintaan atau pesanan demi kemajuan pembangunan masyarakat,” pungkasnya. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60