BI NTT Sosialisasikan QRIS

  • Whatsapp
Share Button

 

Kupang, seputar-ntt.com — Setelah diresmikan pada 17 Agustus 2019 lalu, selanjutnya Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT melakukan sosialisasi tentang QR Code Indonesian Standard (QRIS) .

Kegiatan digelar di Cafe Ja’o Kupang, Senin (19/8/2019) dihadiri langsung Kepala BI Perwakilan NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja dan
Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI NTT, Muhammad Syahrial.

Dalam penjelasannya, Nyoman Ariawan mengatakan Launching QRIS telah dilaksanakan pada 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-74, dan baru akan diberlakukan pada 1 Januari 2020 mendatang.

“Dalam jeda waktu ini, kita akan memanfaatkannya dengan berbagai persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Di mana, peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu,” tandas Nyoman Ariawan.

Dikatakan Nyoman Ariawan, BI mengusung semangat UNGGUL singkatan UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung dalam QRIS ini, yakni UNiversal yang artinya inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan di domestik dan luar negeri, lalu GampanG maksudnya dalam bertransaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman.

“Selanjutnya yakni Untung berarti Efisien, satu kode QR untuk semua aplikasi dan terakhir Langsung dengan maksud transaksi cepat dan seketika, mendukung kelancaran sistem pembayaran,” rinci Nyoman Ariawan.

Menurutnya, dengan QRIS ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia maju. (joey)

Komentar Anda?

Related posts