Berkantor di Nunbaun Delha, Jonas Salean Berikan Modal Usaha Bagi Karang Taruna

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dalam rangka memberdayakan pemuda serta mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Kota (Pemkot)  Kupang akan memberikan bantuan modal usaha bagi karang taruna. Karang Taruna adalah wadah para pemuda dalam mengembangkan diri termasuk dalam berusaha.

“Kami saat ini menyiapkan dana untuk pengembangan usaha bagi karang taruna sebesar Rp 1 milliar. Dana ini ini nantinya akan diberikan bagi mereka yang punya potensi. Mereka akan diberikan pelatihan selama 20 hari di Balai Latihan Kerja (BLK),” kata Wali Kota Kupang, Jonas Salean dalam sambutannya saat berkantor di Kelurahan Nunbaun Delha, Kamis (11/2/2016).

Menurutnya, mereka yang telah selesai mengikuti pelatihan akan dibantu dengan modal dan peralatan untuk membuka usaha sesuai bakat  atau potensi yang dimiliki. Dana yang diberikan kepada karang taruna  menggunakan sistem bergulir sehingga semua karang taruna bisa mendapatkan kesempatan dan modal untuk berusaha.

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan Dewan, bahwa beberapa program inovasi telah diberikan kepada semua masyarakat, namun untuk karang taruna belum. Sehingga, salah satu cara memberikan perhatian dalam mengatasi pengangguran adalah memberikan modal usaha bagi karang taruna,” kata Jonas.

Jonas mengatakan, pemberian bantuan modal usaha bagi karang taruna agar tidak adalagi pemuda yang duduk minum mabuk di pinggir jalan. Karena,  kedapatan pemuda yang minum mabuk di jalan pihak keamanan langsung mengangkutnya.

“Saya sudah mengeluarkan himbauan jika ada pemuda yang kedapatan minum mabuk di pinggir jalan polisi langsung mengangkutnya,” tegas  Jonas.

Jonas menambahkan, pemberian modal usaha bagi karang taruna dengan sistem bergulir jika berjalan bagus, maka di 2017 direncanakan akan ditambahkan lagi anggaran sebesar Rp 5 milliar.

”Ya, kalau dilihat bagus, maka saya akan membicarakan dengan Dewan agar dananya ditambah dari Rp 1 milliar menjadi  Rp 5 milliar. Karena,  jangan hanya mau cari kerja di pemerintah, sebab saya pusing lihat banyak yang datang untuk minta anaknya jadi tenaga honor dipemerintah, sehingga banyak tenaga honor yang tertumpuk di pemerintah,” ujar Jonas.

Selain karang taruna,kata Jonas, para ibu yang pandai dalam  menjahit  juga akan didodorong pemerintah untuk diberikan pelatihan di BLK. Sehingga, mereka bisa berkembang. Karena, jika dilihat pakaian yang dijahit oleh mereka lebih bagus dan berkualitas dari pakaian yang dijual di toko dan.

“Kami juga akan memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas dengan membangun sarana pendukung di sekolah berupa tangga khusus untuk mereka, sehingga mereka ke sekolah dan tiba di sekolah tidak perlu lagi digendong tetapi bisa melalui tangga yang disiapkan, “ kata Jonas. (riflan hayon)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60