Baru Pemkab Sabu Raijua di NTT Yang Jamin Nelayan dan Petani Dengan BPJS

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Dari 22 Kabupaten/kota di NTT, baru Kabupaten Sabu Raijua yang telah memberi jaminan sosial lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk tenaga kerja informal yakni nelayan dan petani diwiayah tersebut. Dengan jaminan dari BPJS memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan pada saat dimulai berangkat bekerja sampai tiba kembali dirumah atau menderita penyakit akibat hubungan kerja.

“Saat ini baru Pemda Sabu Raijua yang telah mengikuti program BPJS untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi para nelayan. Iurannya ditanggung oleh Pemda sehingga jika ada kecelakaan kerja bagi nelayan maupun petani mereka sudah dijamin dan akan menerima santunan,” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTT, Gede Putu Laxman kepada seputar-ntt.com, Rabu (12/11/2014) di Kupang.

Gede Putu Laxman mengatakan, Pemda Sabu Raijua telah menyisihkan bantuan sosial bagi 500 petani dan nelayan lewat BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. “Iuarannya kecil hanya 15.600 rupiah bagi setiap orang. Pemerintah pusat berharap agar semua masyarakat sudah mendapatkan jaminan pada tahun 2019 dan yang merespon paling cepat di NTT adalah Sabu Raijua,” ungkapnya.

Gede Putu Laxman mengakui bahwa tingkat kecelakaan kerja bagi nelayan di Sabu Raijua sangat tinggi sehingga sudah tepat ketika pemerintah menaruh perhatian serius. “Kita harus akui bahwa ancaman kecelakaan bagi nelayan di Sabu Raijua cukup tinggi sehingga harus diproteksi,” tambahnya.

Untuk itu Gede Putu Laxman berharap agar Pemkab lain yang ada di NTT bisa meniru apa yang dilakukan oleh Pemkab Sabu Raijua bagi masyarakatnya. “Ini harus menjadi contoh bagi daerah lain di NTT dimana Pemerintah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakatnya,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome yang dikonfrimasi terkait hal ini mengatakan, apa yang dilakukannya meruapakan bentuk kepedulian kepada masyarakat di Sabu Raijua. “Ini kan tergantung kebijakan masing-masing kepala daerah, kalau menganggap ini sesuatu yang penting bagi masyarakat maka harus dibantu. Nah bagi kami disini ini penting sehingga kami kasih jaminan bagi masyarakat,” kata Marthen.

Menurut Marthen, Pemerintah memiliki tugas untuk melindungi masyarakatnya dari berbagai hal termasuk kecelakaan kerja maupun kematian. “Kita melihat bahwa masyarakat disini susah dan ekonominya sulit sehingga jika Pemerintah tutup mata maka kasian mereka. Baru-baru ada 3 orang yang mendapat santuan kematian di Sabu Tengah,”ujarnya.(joey)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60